Peristiwa Nasional

Peringati HSN 2020, PMH Sera Barat Menggelar Seminarium Pariwisata Halal Internasional

Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:47 | 210.28k
Ketua Yayasan PMH Sera Barat, Ustaz Hafiz Al Asad, MA, saat memberikan penghargaan kepada para narasumber dalam acara Seminarium Pariwisata Halal Internasional. (foto: Dokumen PMH Sera Barat)
Ketua Yayasan PMH Sera Barat, Ustaz Hafiz Al Asad, MA, saat memberikan penghargaan kepada para narasumber dalam acara Seminarium Pariwisata Halal Internasional. (foto: Dokumen PMH Sera Barat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN) 2020 Kamis, (22/10/2020), Pondok Pesantren Mambaul Hikmah (PMH) Sera Barat, Sumenep, Madura, Jawa Timur, menghelat kegiatan Great Seminarium dengan tema “Pesantren Sebagai Pilar Industri Pariwisata Indonesia”.

Perhelatan acara tersebut merupakan satu dari sekian rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di PMH dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020.

PMH Sera Barat

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISBUDPORA) Kabupaten Sumenep, Imam Buchori, SE serta Ketua Asosiasi Pariwisata Madura (ASPIRM) bapak Achmad Vicky Faisal, S.Kom. 

Selain itu, hadir juga secara daring Mujafar Syah, dosen di Naresuan University International College Thailand yang kulliyah Umum Internasional tentang trend pariwisata halal dunia yang saat ini sedang berkembang.

PMH Sera Barat 2

“Tujuan dari diadakannya seminar di Hari Santri ini adalah agar momen ini bisa menjadi titik mula dari ghiroh para santri dalam menjawab tantangan dan peluang di masa depan," kata KH Azmy Syarbini, S.Ag., MH Pengasuh PMH Sera Barat, dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Dalam rangka mempersiapkan santri yang kokoh agamanya, bersaing ilmu pengetahuannya serta memiliki skill yang beragam, ketua Yayasan PMH Sera Barat, K Hafiz Al Asad, MA juga meluncurkan penginapan berkonsep “HOPES|Hotel Pesantren”.

PMH Sera Barat 3

“Ikhtiar utama tentu saja ingin mengenalkan keramah tamahan santri ke masyarakat umum serta memberikan skill yang sekiranya berguna saat nanti lulus dari pesantren," ungkap Hafiz.

Ini didasarkan kepada pengalamannya menginap di banyak hotel berbintang di 15 negara dari Asia, Eropa, Amerika dan Australia, “Pengalaman menginap saya di hotel di sana, belum seramah tatakrama khas para santri,” imbuhnya.

PMH Sera Barat 4

Hafiz menambahkan, tema tersebut diambil serta peluncuran HOPES guna mempersiapkan pesantren dan kaum santri dalam usahanya menjadikan pesantren siap dalam mendorong industri pariwisata halal di Indonesia.

Untuk diketahui, peringatan Hari Santri Nasional di PMH Sera Barat berlangsung dari Kamis - Jumat, 22 - 23 Oktober. Untuk memeriahkan kegiatan dua hari tersebut, lomba khas santri diagendakan, serta akan diakhiri dengan Kirab Santri di sekitar pesantren. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES