Peristiwa Daerah

Ketua PDS PatKLIn Yogyakarta Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

Rabu, 21 Oktober 2020 - 23:26 | 56.84k
Suasana donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-30 PDS PatKLIn. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Yogyakarta)
Suasana donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-30 PDS PatKLIn. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ketua Persatuan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn) Cabang Yogyakarta, dr. Suryanto, Sp.PK mengajak masyarakat tidak perlu takut untuk melakukan donor darah.

Hal itu disampaikan Suryanto saat aksi donor darah dalam rangka HUT PDS PatKLIn ke-30, bertempat di Atrium Rama, Sleman City Hall, Denggung, Sleman, Rabu (21/10/2020).

donor darah 2

Menurutnya, berdasarkan penelitian, Covid-19 tidak ada reseptor untuk menempel di darah. Namun langsung ke jaringan seperti saluran pernafasan dan pencernaan.

Insya Allah donor darah aman, Covid-19 tidak ada reseptor menempel di darah, tidak seperti HIV,” tegas dokter spesialis patologi klinik yang sekaligus Ketua PMI DIY ini.

Disampaikannya, semakin sering donor akan semakin sehat akan terproduksi darah yang baru secara teratur.

Rutin melakukan donor darah juga akan menjadikan seorang pendonor mengetahui kondisi kesehatannya karena secara tidak langsung melakukan skrining kesehatan secara teratur. Skrining meliputi tekanan darah, hemoglobin dan penyakit infeksi yg menular lewat darah (HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sipilis). Sementara jika melakukan pemeriksaan infeksi apabila bayar sendiri cukup mahal biayanya.

Dikatakannya, pada masa awal pandemi di Indonesia sekitar Maret 2020, stok persediaan darah di DIY menurun antara 40 persen hingga 60 persen.

Sementara bulan Juli-Agustus, stok darah perlahan mulai meningkat, namun jumlah yang ada tersebut masih kurang untuk memenuhi permintaan kebutuhan.

“Untuk itulah PDS PatKLIn bekerjasama dengan RS Sardjio dan PMI mengadakan donor darah untuk mengisi kekurangan stok darah tersebut,” terang Suryanto.

Tambah Suryanto, selain donor darah, dalam rangka HUT ke-30 dengan tema ‘Bakti Patklin Untuk Negeri’.

PDS PatKLIn juga mengadakan webinar yang diikuti kurang lebih 1.800 peserta dari seluruh Indonesia. Webinar yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 tersebut menggunakan media daring zoom dan youtube dengan judul ‘Interleukin-6 (IL-6) Value in Covid-19 Patient Management’.

“Selain itu pada HUT ke-30 ini kami rencananya juga akan mengadakan 500 rapid tes secara gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman,” imbuhnya Suryanto.

Sementara itu Ketua I Pengurus Pusat PDS PatKLIn, DR. dr. Teguh Triyono, M.Kes, Sp.PK berterimakasih pada PDS PatKLIn cabang DIY yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini nasional karena DIY merupakan salah satu dari 30 cabang di Indonesia. Berapapun darah yang kita dapat hari ini tidak masalah, namun ini sebagai upaya untuk sosialisasi pada masyarakat bahwa donor darah aman dan bisa dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

"Acara ini sebagai ‘dobrakan’ untuk memulai kembali donor darah," pungkas Ketua I Pengurus Pusat PDS PatKLIn, DR. dr. Teguh Triyono, M.Kes, Sp.PK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES