Ekonomi

Bangkitkan Ekonomi Lamongan, Disnaker Luncurkan LAjobs

Rabu, 21 Oktober 2020 - 22:32 | 70.21k
Bupati Lamongan Fadeli saat meluncurkan website LAjobs di Gedung lantai 4 Universitas Lamongan, Rabu (21/10/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli saat meluncurkan website LAjobs di Gedung lantai 4 Universitas Lamongan, Rabu (21/10/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Di tengah masa pandemi Covid-19, Pemkab Lamongan melalui Dinas Tenaga Kerja Lamongan meluncurkan website LAjobs untuk menjembatani dan mengurangi angka pengangguran sehingga bisa memulihkan ekonomi Lamongan. 

Peluncuran website LAjobs dilakukan langsung oleh Bupati Fadeli didampingi Kepala Disnaker Lamongan Hamdan Azahari, Rektor Unisla Bambang Eko Mulyono beserta Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono dan Kapolres AKBP Harun. 

Fadeli berharap para pencari kerja dapat dipertemukan dengan perusahaan yang diinginkannya melalui LAjobs, pun begipula sebaliknya. Dia mengatakan ini merupakan bagian upaya perusahaan dalam menjemput bola, untuk para pekerja.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini terjadi pemutusan hak kerja (PHK) hampir disetiap daerah. Oleh karenanya Job Market Fair (JMF) akan membuka peluang lebar kepada para pencari pekerja (pencaker),” ujar Fadeli usai membuka JMF 2020 di Gedung lantai 4 Universitas Lamongan, Rabu (21/10/2020). 

Fadeli menambahkan, tingkat pengangguran terbuka tercatat 4 persen pada akhir tahun 2019, oleh karenanya pemerintah terus berupaya pulihkan ekomoni di Kabupaten Lamongan.

“Ekonomi harus tetap berkembang. Agar masyarakat dapat bekerja dengan aman. Dengan inovasi ini (LAjobs) dapat menjembatani dan mengurangi angka pengangguran,” tuturnya.

Sementara itu, menurut  Kepala Disnaker Kabupaten Lamongan Hamdan Azahari, ia menilai JMF yang diadakan kali ini merupakan semangat untuk memberikan peluang kepada para pencari kerja di Kabupaten Lamongan

“Untuk pertama kalinya, JMF diadakan di tengah pandemi Covid-19. Ini merupakan satu-satunya bursa kerja terbuka yang dilakukan di Jawa Timur. Artinya peluang pekerjaan untuk para pencari kerja masih sangat terbuka di Kabupaten Lamongan,” kata Hamdani.

Hamdani menyampaikan, JMF 2020 menyediakan 1.000  lowongan kerja dari 25 perusahaan partisipan berskala besar yang beroperasi di Kabupaten Lamongan. 

“Diantaranya, PT. Buildyet Indonesia, PT. Olympic Plastindo, PT.City Plum, PT.Bumi Menara Internusa, Indomarco, Alfamart dan PT. CIMB Niaga,” ucapnya.  

Selain meluncurkan website LAjobs, Disnaker juga memiliki 10 pelatihan kerja di BLK yakni, pelatihan service roda 2, roda 4, teknik pengelasan, teknik pendingin, tata boga , tata rias dan menjahit serta menjaga hubungan industrial.

“Pada tahun ini kita juga akan ada pelatihan labsa (laboratorium bahasa) yang dapat dimanfaatkan, terutama untuk TKI/TKW agar tidak ada lagi kendala bahasa,” ujar Kepala Disnaker Lamongan usai meluncurkan website LAjobs sekaligus pembukaan JMF 2020 di Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES