Peristiwa Daerah

Stok Darah O dan B di PMI Menipis, Polresta Probolinggo Gelar Donor Darah

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:37 | 34.55k
Aktifitas donor darah di aula Polresta Probolinggo. (FOTO: Gufron for TIMES Indonesia)
Aktifitas donor darah di aula Polresta Probolinggo. (FOTO: Gufron for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menipisnya stok sejumlah golongan darah di Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjadi atensi khusus dari Polresta Probolinggo. Guna membantu menambah stok darah yang langka, Polresta Probolinggo menggelar donor darah.

Penggalangan darah itu, digelar di Aula Mapolresta Probolinggo, di jalan Suroyo. Yang menjadi prioritas utama adalah anggota Polri. Kegiatan tersebut, guna memenuhi kebutuhan darah golongan O dan B yang stoknya menipis di UTD PMI Kota Probolinggo.

Namun demikian, Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya menyebut, upaya membantu PMI dalam memenuhi stok darah sudah dilakukan sejak dahulu. Namun demikian, banyak anggota yang juga tidak bisa mendonorkan darahnya. Lantaran tidak memenuhi standar kesehatan saat donor darah.

“Harus melalui uji kesehatan dulu, jadi yang mengalami flu, kurang enak badan, tensi tidak normal tidak bisa mendonorkan darahnya," kata Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, AIPDA Dodik Asiyanto, salah satu anggota yang ikuti donor darah mengatakan, bahwa ia melihat di medsos jika PMI Kota Probolinggo sedang kekurangan stok darah. Kebetulan pihak Polres Probolinggo Kota mengadakan donor darah, ia langsung mengikuti donor darah tersebut.

"Ya kami awalnya dapat info dari medsos, setelah itu kami mendapat instruksi dari atasan bahwa Polres mengadakan donor darah, terus kami langsung mengikuti donor darah tersebut," katanya setelah mendonorkan darahnya.

Sebelumnya, stok golongan darah O dan B di Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Probolinggo menipis. PMI Kota Probolinggo berharap lebih banyak masyarakat yang sadar untuk mendonorkan darahnya, dan tak perlu khawatir terkait masa pandemi Covid-19.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, jumlah pendonor darah menurun, pasalnya masyarakat takut di tes atau di swab ketika hendak mendonorkan darahnya di PMI. Hal itu membuat stok darah di PMI menipis.

Menyikapi hal itu, Polresta Probolinggo, menggelar kegiatan donor darah. Terutama bagi anggotanya , untuk bisa mendonorkan darah sesuai dengan kebutuhan saat ini di UTD PMI Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES