Ekonomi

Ketum Dharma Pertiwi: Ladara Indonesia Wadah Digitalisasi UMKM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:54 | 84.18k
Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto menyampaikan kehadiran Ladara Indonesia merupakan salah satu wadah digitalisasi UMKM. Bahkan kehadiran marketplace TNI ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarkat.

Nani Hadi Tjahjanto menyampaikan data dari BPS bahwa saat ini Indonesia memiliki 267,7 juta penduduk, dengan 60 persen di antaranya merupakan generasi milineal. Generasi milenial ini merupakan potensi untuk menggerakkan ekonomi Indonesia, melalui pemanfaatan teknologi. Namun, data juga menyebutkan bahwa di tengah era industri 4.0, belum banyak UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi, atau masih menggunakan sistem offline. 

"Data dari BPS hanya 13 persen UMKM yang memanfaatkan teknologi digital, sisanya masih memanfaatkan sistem offline," kata Nanny dalam acara Ayo ke Ladara, Rabu (21/10/2020). 

Ia menjelaskan peran UMKM sangat penting bagi perekonomian bangsa Indonesia. Karena UMKM merupakan penggerak ekonomi bangsa. Pada 2018, sektor UMKM berkontribusi menyumbangkan Produk Domestic Bruto sebesar 60,3 persen. Sektor UMKM juga menyerap 116 juta orang sebagai tenaga kerja. 

Ia menambahkan, di era pandemi Covid-19, UMKM harus menghadapi tantangan yang luar biasa. Tantangan itu bisa dihadapi dengan menfaatkan pemasaran produk dengan pemanfaatan digital. Hal itu yang mendasari Dharma Pertiwi yang dibina oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghadirkan marketplace TNI Ladara Indonesia. 

"Kehadiran Ladara melalui digitalisasi ini turut menyukseskan Bangga Buatan Indonesia, yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo," kata Nani. 

Nani menyampaikan pesan Presiden RI bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan dan karya hebat. Oleh karena itu, pandemi bukan membuat bangsa Indonesia semakin memiliki keterbatasan, tapi justru harus bertransformasi menciptakan peluang, pergadangan online khususnya untuk menghasilkan karya ekonomi. 

"Ladara Indonesia ini menjadi platform karya bangsa, dalam membantu memperjualbelikan karya UMKM Indonesia," kata Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Dharma Pertiwi.(*)

Ekoran-Edisi-Rabu-21-Oktoberr-2020-Ketum-Dharma-Pertiwi-Ladara-Indonesia-Wadah-Digitalisasi-UMKM-Revisi-27e27a9c54e7d6e54.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES