Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Gojek dan Dinkes Provinsi Jatim Kedepankan Protokol Kesehatan Mitra GoFood

Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:31 | 89.63k
Alfianto Domy Aji, Head Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra (kiri) dan Kepala Dinkes Jatim dr Herlin Ferliana.(foto: Dok.Gojek)
Alfianto Domy Aji, Head Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra (kiri) dan Kepala Dinkes Jatim dr Herlin Ferliana.(foto: Dok.Gojek)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (DinkesProvinsi Jatim, Gojek mendistribusikan ribuan paket berisi perlengkapan penerapan protokol kesehatan makanan kepada mitra usaha GoFood

Pergeseran perilaku konsumen dari belanja offline ke online selama pandemi turut mendorong pertumbuhan bisnis pesan-antar makanan dan bahan pokok lewat GoFood.

Sejalan dengan upaya untuk terus memperkuat protokol keamanan dan kebersihan makanan yang ditegakkan sejak awal pandemi, ekosistem Gojek melalui GoFood telah membekali ribuan outlet mitra UMKM di Jawa Timur dengan paket sanitasi dan keamanan makanan yang berisi sejumlah hand sanitizer, sabun antiseptik dan segel pengaman (selotip dan kabel pengerat kemasan).

Alfianto Domy Aji b

Hal ini sejalan dengan imbauan Pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang secara konsisten mendukung upaya Gojek untuk senantiasa mengedepankan protokol kesehatan - baik bagi mitra driver maupun mitra usaha 

Setelah berkolaborasi dalam acara pertemuan daring untuk mitra usaha bertajuk Sosialisasi Protokol Kesehatan Pada Pangan Siap Saji Untuk Pencegahan Covid-19 pada tanggal 3 September 2020 yang lalu, Gojek bersama Dinkes Provinsi Jatim kembali bersinergi dengan memberikan paket sanitasi dan keamanan makanan bagi mitra-mitra usaha  GoFood.

Hadir dalam kegiatan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan ini, dr. Herlin Ferliana, M.Kes - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur; Boy Arno Muhammad - Head of Public Policy and Government Relations Jawa Timur & Bali Nusra, M. Ari Lukman Widodo - Head of Sales Jawa Timur & Bali Nusra dan mitra usaha GoFood yaitu Geprek Dori Juanda Sidoarjo, Greenly, Ayam Geprek Sambel Bledhek, Warung Biru Darmo & Nasi Uduk Betawi.

"Pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan selalu menjadi prioritas kami, dan di masa pandemi ini, kami semakin berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dalam memesan makanan," terang Alfianto Domy Aji, Head Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra, Rabu (21/10/2020).

Alfianto Domy Aji c

Dukungan GoFood untuk mendorong penerapan protokol J3K atau Jaga Kebersihan, Jaga Kesehatan, dan Jaga Keamanan ini tersebut diwujudkan dalam acara yang diselenggarakan bersama dengan Dinkes Provinsi Jatim ini. 

"Kami berharap, paket bantuan sanitasi dan keamanan makanan ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap UMKM kuliner di masa pandemi seperti saat ini," jelasnya. 

Pemberian paket sanitasi dan keamanan makanan bagi mitra usaha GoFood ini disertai dengan edukasi seputar penerapan protokol kebersihan makanan yang secara rutin terus dilakukan Gojek. Disamping itu, penerapan langkah kebersihan dan keamanan di berbagai lini telah sesuai pedoman BPOM. 

Sementara itu, dr. Herlin Ferliana, M.Kes - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengatakan, ”Kami menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Gojek hari ini dengan memberikan paket sanitasi dan keamanan makanan bagi mitra usahanya. Sebagaimana kita ketahui bersama, di masa pandemi ini salah satu usaha yang masih dapat tetap bertahan adalah usaha makanan. Oleh karena itu, mari kita mulai menyajikan makanan yang sehat, nikmat & bersih sesuai dengan keinginan pelanggan.”

“Hal ini bisa menjadi langkah awal, agar dapat menjadi budaya sehingga pelanggan merasa lebih tenang karena  makanan yang dikirim  ini adalah makanan yang  mereka sukai dan diolah dengan mengikuti penerapan protokol kebersihan," jelas Herlin     

Inisiatif paket sanitasi dan keamanan makanan ini turut diapresiasi oleh mitra usaha GoFood.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan Gojek kepada kami lewat bantuan ini, terutama paket sanitasi dan keamanan makanan yang diberikan. Paket ini sangat membantu kami menekan biaya operasional yang sebelumnya harus kami alokasikan agar tetap patuh pada langkah keamanan dan kebersihan makanan sesuai himbauan pemerintah. Hal ini juga tentunya membantu kami mempertahankan kepercayaan pelanggan yang saat ini juga sangat memperhatikan keamanan dengan lebih maksimal,” terang Adhi pemilik Nasi Uduk Betawi yang juga penggiat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya. 

Transaksi GoFood Meningkat

Saat ini, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat  perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah. Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya.

"Kami mencatat peningkatan transaksi dan omzet rata-rata mitra UMKM GoFood di Jatim sebesar 22% di bulan Oktober ini, dibandingkan dengan September yang lalu. Hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” tambah Domy.

GoFood juga telah mendorong inovasi pengantaran makanan tanpa kontak langsung (contactless delivery) dan secara berkala mengedukasi mitra merchant mengenai protokol keamanan dan kebersihan makanan.

“Meskipun pandemi Covid-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan penghasilan mitra usaha GoFood. Kami berterima kasih atas dukungan institusi bisnis yang telah berpartisipasi membantu mitra UMKM GoFood dengan donasi perlengkapan sanitasi. Dengan semangat gotong royong dan saling membantu inilah, kami terus optimis bahwa bersama kita bisa melalui masa pandemi ini,” kata Domy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES