Peristiwa Internasional

Kunjungi Pentagon, Menhan RI Prabowo Sepakati Kerja Sama Bidang Pertahanan

Selasa, 20 Oktober 2020 - 08:56 | 77.40k
Menhan RI Prabowo (kanan) dan Menhan AS Mark Esper menandatangani kerja sama bidang pertahanan kedua negara saat berkunjung di Washington D.C, AS, Senin (19/10/2020) waktu setempat. (FOTO: Dok. KBRI Washington D.C)
Menhan RI Prabowo (kanan) dan Menhan AS Mark Esper menandatangani kerja sama bidang pertahanan kedua negara saat berkunjung di Washington D.C, AS, Senin (19/10/2020) waktu setempat. (FOTO: Dok. KBRI Washington D.C)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI (Mehan RIPrabowo Subianto memenuhi undangan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper di Washington D.C Amerika Serikat (AS). Pertemuan tersebut berlangsung hangat dan produktif.

Hal ini menunjukkan kedekatan dan arti penting kerja sama bilateral RI-AS, khususnya di bidang pertahanan dan keamanan yang menjadi salah satu pilar hubungan bilateral kedua negara.

Dalam kunjungan ke Pentagon, yang nota bene adalah markas besar tentara AS, Menhan RI Prabowo dan delegasi RI juga dijamu dalam acara santap siang, yang juga dihadiri oleh Dubes RI untuk AS, Muhammad Lutfi dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC, Marsekal Pertama Age Wiraksono.

"Lawatan resmi ini merupakan bagian dari diplomasi pertahanan yang secara aktif dijalankan oleh Menhan RI dengan mitranya dari berbagai negara, termasuk AS yang merupakan salah satu mitra strategis RI," terang Dubes RI Muhammad Lutfi melalui siaran pers Senin (19/10/2020) waktu setempat.

Selain berbagi pandangan mengenai keamanan regional, prioritas pertahanan bilateral, dan akuisisi pertahanan, kedua Menhan secara khusus membahas pula mengenai upaya meningkatkan kegiatan kerjasama militer dan keamanan maritim.

Menhan RI juga mengapresiasi dukungan AS dalam upaya memodernisasi alutsista Indonesia.

Kunjungan Menhan RI tercatat telah menghasilkan sejumlah kesepakatan penting, antara lain terkait kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan untuk taruna/kadet TNI di berbagai lembaga pendidikan militer di AS.

Selain itu, kedua Menhan sepakat untuk bekerjasama dalam rangka melakukan repatriasi jenazah tentara AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II.

Di akhir pertemuan, Menhan RI Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah AS atas bantuan ventilator untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES