Peristiwa Daerah

Bupati Majalengka Tinjau Lokasi Budidaya Sereh Wangi di Desa Bayureja

Senin, 19 Oktober 2020 - 23:47 | 144.26k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi, bersama Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto dan Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso serta unsur OPD lainnya melihat perkembangan lokasi budidaya Sereh Wangi. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi, bersama Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto dan Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso serta unsur OPD lainnya melihat perkembangan lokasi budidaya Sereh Wangi. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKABupati Majalengka, H Karna Sobahi, tinjau lahan budidaya Sereh Wangi di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (19/10/2020).

Perkebunan budidaya Sereh Wangi tersebut merupakan program Kodim 0617/Majalengka dan dikelola bersama masyarakat sekitar.

Karna-Sobahi-2.jpg

Kunjungan Bupati Majalengka bersama Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto dan Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso serta unsur OPD lainnya untuk melihat perkembangan lokasi budidaya Sereh Wangi tersebut.

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi mengapresiasi atas ide dan gagasan yang telah dijalankan oleh TNI khususnya Kodim 0617/Majalengka dengan menanam Serehwangi di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Majalengka ini.

"Ini akan menjadi salah satu bentuk untuk meningkatkan SDA dan SDM, khususnya di wilayah Kecamatan Sindang. Di Desa Bayureja sendiri, memiliki lahan yang produktif untuk bisa diolah menjadi salah satu produk atau bahan tanaman lainnya," katanya.

Karna-Sobahi-3.jpg

Sementara itu, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menjelaskan bahwa Kabupaten Majalengka memiliki potensi alam yang begitu bagus dan kondisi ini memungkinkan untuk tumbuh suburnya potensi sumber daya alam yang melimpah seperti sayuran, buah buahan, pangan juga sektor pariwisata dan beragam sektor lainnya.

"Kami melihat dari faktor itulah sebagai salah satu upaya kami dari satuan Kodim 0617/Majalengka untuk mendukung program pemerintah setempat, muncul suatu ide dan gagasan terobosan baru. Yakni, program 'Sereh Wangi Sugih Mukti'," jelasnya.

Menurut Dandim, bahwa dengan penanaman bibit sereh wangi yang ia lakukan tersebut, guna bisa memberdayakan potensi SDA di lingkungan Desa Bayureja sekaligus untuk mengenalkan langsung kepada masyarakat sekitar.

"Sereh wangi bisa tumbuh di lahan dataran rendah atau dataran tinggi, di lahan yang tandus kurang air atau pun tanah yang lembab, di bawah tegakan ataupun di ruang terbuka. Sereh wangi bisa bertahan dari kekeringan. Maka kami akan melakukan itu salah satunya di wilayah Desa Bayureja ini dengan bermitra bersama petani dan masyarakat," jelasnya saat bersama Bupati Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES