Gaya Hidup

Kenali Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya

Selasa, 20 Oktober 2020 - 03:34 | 1.76m
Ikan cupang. (FOTO: Mediacakrawala)
Ikan cupang. (FOTO: Mediacakrawala)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi pandemi mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja. Untuk menghilangkan kebosanan, banyak hobi baru yang bermunculan, salah satunya memelihara Ikan Cupang.

Memelihara ikan Cupang saat ini ternyata sedang populer. Ikan Cupang memiliki variasi warna yang beragam dan indah. Tak heran jika banyak orang tertarik untuk memelihara ikan hias yang satu ini. Bahkan, banyak yang rela untuk membeli ikan Cupang dengan harga yang mahal.

Ternyata memelihara ikan Cupang tidak hanya sekadar memberi makan. Juga perlu merawat dan memerhatikan kondisi ikan Cupang. Kita juga bisa melihat bagaimana kondisi ikan Cupang yang kita pelihara tersebut, seperti halnya ketika ikan Cupang sakit.

Ciri ikan Cupang yang sedang sakit bisa dilihat dari hal berikut:

1. Ketika seekor Cupang terserang penyakit, warnanya akan terlihat memudar. Bahkan, warnanya bisa lenyap.

2. Cermati sirip ikan Cupang Anda. Sirip ikan Cupang yang sehat terlihat utuh. Namun, pada ikan Cupang yang sakit Anda akan mendapati sirip yang robek atau berlubang.

3. Cari tahu apakah ikan Cupang Anda lesu. Ikan Cupang yang sakit akan mengurangi tingkat aktivitasnya. Dia tidak akan bergerak aktif seperti biasanya. Gerakannya justru melambat.

4. Perhatikan kebiasaan makan ikan cupang Anda. Beberapa penyakit menyebabkan ikan Cupang malas makan. Jika ikan Cupang Anda terlihat enggan menyentuh makanan, bisa jadi ia sedang sakit

5. Periksa kehadiran bintik di tubuhnya. Carilah bintik putih dan kecil, terutama di sekitar kepala dan mulut. Gejala ini merupakan tanda serangan parasit tertentu, yang disebut ich.

6. Carilah tanda-tanda ikan bermasalah dengan pernapasan. Mungkin saran ini terdengar aneh. Namun, jika ikan Cupang Anda terus berada di permukaan akuarium dan berusaha menghirup udara, bisa jadi inilah tanda adanya penyakit.

7. Amati apakah ikan Cupang Anda berusaha menggosokkan atau menggarukkan badannya. Jika ikan Cupang Anda berusaha menggosokkan tubuhnya ke tepi akuarium, mungkin itu menandakan masalah. Begitu pula jika ikan cupang Anda berusaha menggaruk tanaman atau objek di dalam akuarium, ia mungkin sedang diserang penyakit.

Cara Mengobati Ikan Cupang Sakit

Setelah mengetahui dan mengidentifikasi ciri-ciri ikan Cupang yang sakit, Anda bisa mempelajari cara mengobatinya. Dengan penanganan yang tepat, ikan mungil Anda akan terselamatkan.

1. Cek kualitas air

Kualitas air yang buruk menjadi dasar munculnya penyakit pada ikan. Layaknya udara yang kita hirup, air tempat ikan berenang sangat penting untuk kesehatan mereka.

Untuk mengecek, Anda bisa menggunakan kit berbasis cairan dan lihat parameter kualitas air.

Dikutip dari Cafishvet, parameter kualitas air yang bagus untuk ikan cupang adalah sebagai berikut:  Ammonia ≤ 0.1 mg/L (ppm); Nitrite 0 mg/L; Nitrate < 20 mg/L; pH 7.0-8.5; kH (alkalin) > 100 mg/L;  gH (kandungan keras) > 100 mg/L; Temperatur suhu 25-28 derajat celcius.

2. Memperbaiki kualitas air

Jika kandungan air yang disebutkan sebelumnya terlalu tinggi atau rendah, Anda harus segera menggantinya. Mengganti filter air dan menyetel ulang filtrasi.

Sementara untuk memperbaiki kandungan pH atau suhu, dapat dilakukan secara bertahap. Sebab apabila terlalu cepat, justru akan mempengaruhi kondisi ikan cupang hingga akhirnya bisa saja mati.

3. Cek pakan ikan

Ada baiknya mengecek kemasan dan tanggal kadaluarsa pada pakan ikan. Semakin bertambah usia ikan, maka nutrisi dan vitamin yang diperlukan akan berbeda.

Disarankan untuk mengganti pakan ikan setelah 6 bulan dibuka. Kebanyakan cupang tidak akan pernah menghabiskan satu wadah penuh pakan cupang.

Pastikan untuk menyimpan pakan ikan dengan benar dalam wadah kedap udara atau tempat yang sejuk dan gelap.

4. Menghubungi Dokter Hewan

Apabila merasa kurang setelah mengetahui cara mengobati ikan Cupang sendiri, Anda bisa membawanya ke dokter hewan terdekat. Anda bisa mengetahui penyebab penyakit ikan dan memberikan obat.

Demikian sejumlah ciri Ikan Cupang yang sakit dan cara mengobatinya. dan bisa di jadikan panduan selama memelihara di rumah. (*)

Ekoran-20-10-2020-Ciri-dan-Cara-Obati-Ikan-Cupang-Sakit.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES