Peristiwa Nasional 3M Lawan Covid

Ini Tips Mencegah Penyebaran covid-19 di Pesantren

Minggu, 18 Oktober 2020 - 16:02 | 24.08k
Ilustrasi - Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Pesantren (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Penerapan Protokol Kesehatan di Lingkungan Pesantren (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penerapan protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren menjadi fokus tim satgas Covid-19. Ini dilakukan karena pondok pesantren rentan terpapar Covid-19 lantaran berinteraksi dalam lingkungan yang terbatas.

Untuk itu, diperlukan penerapan protokol kesehatan yang tepat agar pondok pesantren bisa menjadi tempat yang aman. 

Bagaimana caranya? Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si memberikan lima langkah memutus mata rantai Covid-19. Setidaknya ini sudah dilakukan di Pondok Pesantren Darunnajah, dan sejauh ini seluruh keluarga besar pondokdalam kondisi sehat. 

Pertama, menerapkan satu pintu atau “one gate system” guna membatasi lalu lintas orang yang masuk. Penerapan ini membuat interaksi santri dengan masyarakat menjadi mudah terpantau.

Kedua, wajib pakai masker selama di lingkungan pondok pesantren, bagi santri, guru, dan pengelola dan memberikan denda Rp 250.000 bagi pelanggarnya.    

Ketiga, mewajibkan guru dari luar yang mengajar tinggal di pondok pesantren atau memilih mengajar melalui daring agar tidak menularkan pada santrinya.

Keempat, membatasi kunjungan orangtua santri selama masa pandemi, yakni 80 orang per minggu. Orangtua santri pun perlu melakukan pendaftaran online sebelumnya.

"Saat berkunjung wali santri juga diberikan jarak dua meter saat bertemu santri dan tidak boleh bersentuhan badan," ungkap Kyai Sofwan saat diskusi Dalam talkshow "Sosialisasi Iman, Aman, dan Imun Hadapi Covid-19" di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (16/10/2020) kemarin. 

Kelima, bagi santri yang akan datang ke pondok pesantren harus melalui empat tahap protokol kesehatan, misalnya rapid test. Kemudian setelah hasilnya negatif santri diwajibkan menjalani isolasi mandiri sebelum bergabung dengan santri lainnya. (*)

 

***

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES