Pemerintahan

Gubernur Abdul Gani Kasuba Buka Raker Sibualamo Maluku Utara

Minggu, 18 Oktober 2020 - 23:28 | 63.99k
Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba saat memberikan sambutan di acara pembukaan Raker Sibualamo. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba saat memberikan sambutan di acara pembukaan Raker Sibualamo. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATEGubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba secara resmi membuka Rapat Kerja Badan Pengurus Sibualamo, Minggu (18/10/2020) malam, di Floridas Resto, Ternate.

Tema yang diangkat pada Rapat Kerja kali ini adalah Canga Dalam Lintas Zaman, dengan sub temanya Transformasi Nilai dan Semangat Dalam Merespon Tantangan Zaman.

Turut hadir pada acara itu, Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir dan sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemprov Malut, Sekretaris Kota Ternate Jusuf Sunya, Kepala SPN Polda Malut, serta para tokoh Tobelo Galela dan pengurus Sibualamo.

KH Abdul Gani Kasuba a

KH Abdul Gani Kasuba yang juga ketua Dewan Pembina Sibualamo ini mengingatkan kepada seluruh masyarakat Maluku Utara agar senantiasa menjaga bahasa daerah. Bagi dia, bahasa adalah identitas.

"Dengan bahasa kita mudah saling kenal, walau berada di arab sekalipun," ucap Gubernur

Tak hanya itu, ia juga mengajak seluruh elemen agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya. Terutama menjaga kebersamaan.

"Kita jangan terpecah. Negeri ini mereka (Kesultanan) telah meletakkan dasar. Kita bisa bermasyarakat sejak dahulu tidak lain adalah peran kesultanan," ujarnya.

Tak lupa, KH Abdul Gani Kasuba juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu memakai masker, menjaga jarak serta patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Sementara, Ketua Umum Sibualamo Saifuddin Djuba menjelaskan, Sibualamo merupakan organisasi masyarakat yang lahir atas dasar kesamaan pandangan dan pemikiran terhadap berbagai persoalan, termasuk sosial, adat, dan budaya khususnya di kalangan masyarakat Sibualamo dan Maluku Utara pada umumnya.

Di dalam rapat kerja, kata dia selain konsolidasi internal pengurus dan merusumuskan program kerja, akan lahir sebuah rekomendasi kepada kepada Pemda, kaitannya dengan persoalan yang dihadapi daerah saat ini.

KH Abdul Gani Kasuba b

Dikatakan juga, hadirnya Sibualamo sebagai upaya menjaga adat dan budaya yang perlahan mulai tergeser akibat dari arus globalisasi yang kian masif.

"Selama ini kita lihat Budaya itu sudah mulai redup, kita coba untuk menghidupkan kembali dalam bentuk program dan kegiatan," ucap Saifuddin kepada TIMES Indonesia

Dalam pembukaan Raker juga diserahkan SK Plt Ketua Cabang Sibualamo di delapan kabupaten/kota minus Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula. Mereka akan menyiapkan musyawarah cabang untuk pemilihan ketua dan pembentukan pengurus Sibualamo di daerah masing-masing.

"Kami berikan waktu enam bulan untuk persiapan musyawarah cabang Sibualamo di Kabupaten/kota," imbuhnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES