Politik Pilkada Serentak 2020

Dipimpin H2G, Tren SPM Kesehatan Musi Rawas Semakin Membaik

Minggu, 18 Oktober 2020 - 22:45 | 45.19k
Calon Bupati Musi Rawas, nomor urut 2, H Hendra Gunawan. (Foto: Dok Pribadi.)
Calon Bupati Musi Rawas, nomor urut 2, H Hendra Gunawan. (Foto: Dok Pribadi.)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, MUSI RAWAS – Pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan di era kepemimpinan H. Hendra Gunawan (H2G) menjadi salah satu fokus pembangunan. Sampai dengan dengan tahun 2020 ini Pemkab Mura melalui Dinas kesehatan terus fokus kepada pelayanan dan pemenuhan Fasilitas Kesehatan (Faskes) bagi masyarakat bumi lan serasan sekentenan.

Menurut Waki Ketua II, DPRD Kabupaten Musi Rawas Hendra Adi Saputra, sesuai data Dinas Kesehatan sejak tahun 2016 sampai dengan saat ini berbagai program bidang kesehatan telah menunjukan pencapaian keberhasilan yang signifikan terutama yang berkaitan erat dengan fasilitas kesehatan di desa dan kecamatan yang ada di Musi Rawas. Diantaranya yang paling dirasakan adalah pembangunan sembilan puksekesmas di beberapa kecamatan pada tahun 2018 lalu dan kegiatan rehab puskesmas, pustu dan pemenuhan alat kesehatan. 

Hendra Adi Saputra menambahkan, dengan adanya peningkatan fasilitas kesehatan tersebut memberikan pengaruh berbagai pencapaian program yang sudah ditetapkan diantaranya pencapaian dari standar pelayanan minimal (SPM) meliputi pelayanan kesehatan ibu hamil, pelayanan kesehatan ibu bersalin, pelayanan kesehatan bayi baru lahir, pelayanan  kesehatan balita, anak usia pendidikan dasar, pelayanan kesehatan usia produktif, pelayanan kesehatan usia lanjut, penderita hipertensi, pelayanan kesehatan penyakit diabetes militus, pelayanan kesehatan pasien dengan gangguan jiwa berat,TBC dan pelayanan kesehatan bagi orang yang beresiko terinfeksi virus HIV.

Semua cakupan standar pelayanan minimal kesehatan tersebut menunjukan pencapaian semakin baik.

"Seperti SPM pada tahun 2017 pelayanan kesehatan ibu hamil pecapaiannya sekitar 84 persen dan untuk pelayanan kesehatan anak usia pendidikan dasar mencapai 94 persen dalam capaian setiap tahunnya tahun 2018 angka tersebut lebih meningkat lagi, begitupun dengan pelayanan lainnya harapan kita semakin meningkat," bebernya, Minggu (18/10/2020).

Hendra Adi Saputra menjelaskan, keberhasilan dari berbagai program kesehatan tersebut terus meningkat sampai dengan tahun 2019 menjadi bukti program sudah berjalan baik di bawah kempemimpinan H2G. 

"Keberhasilan di bidang pelayanan kesehatan ini harus kita pertahankan bahkan harus lebih baik kedepan," ungkapnya.

Lebih lanjut Politisi Partai Nasdem ini menjelaskan, memang dalam pelaksanaan rangkaian program kesehatan tersebut terdapat berbagai persoalan diantaranya masih minimnya anggaran, kualitas sumber daya manusia hingga luasnya jangkauan wilayah kabupaten Musi Rawas.

"Namun kendala ini harus diupayakan langkah solusinya diantaranya peningkatan kualitas SDM dan pengotimalan anggaran," ucap Hendra Adi Saputra. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES