Kesehatan

Apa sih Quarter Life Crisis? Perhatikan Ini Tandanya

Senin, 19 Oktober 2020 - 02:16 | 171.16k
Ilustrasi terjadinya QLC (FOTO: medium.com/reninurhidayah)
Ilustrasi terjadinya QLC (FOTO: medium.com/reninurhidayah)

TIMESINDONESIA, JAKARTAQuarter life crisis sebuah istilah yang populer ketika Anda telah memasuki usia 20-an. Situasi QLC ini biasanya ditandakan dengan beberapa permasalahan yang terus berdatangan dan memunculkan keraguan ke dalam kehidupan Anda.

Fischer dengan mengungkapkan perasaan khawatir yang hadir atas ketidakpastian kehidupan mendatang terkait relasi, karir, dan kehidupan sosial yang terjadi sekitar usia 20-an. Kondisi yang terjadi tersebut biasa disebut quarter life crisis.

Dalam kondisi quarter life crisis ini, Anda akan dihadapi juga tentang perdebatan antara idealis dan realitas kehidupan. Ketika memasuki usia dewasa, kesadaran akan tujuan hidup pun menjadi sebuah pertanyaan penting.

Anda juga dihadapkan dengan pilihan keputusan dalam realitas kehidupan. Beberapa tekanan pun juga hadir di dalam kehidupan, seperti orangtua, keluarga, teman, atau lingkungan lainnya.

Ketika berada di situasi QLC, Anda tak perlu lari. Kondisi dewasa memang memaksa Anda untuk tetap menghadapi segala situasi. Anda dapat jadikan QLC sebagai bagian proses menjalani sebuah kehidupan.

Setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda dalam kehidupannya. Sebab itu, Anda tak perlu membandingkan proses yang dimiliki dengan orang lain.

Kesuksesan yang dimiliki oleh seseorang pun kadarnya berbeda-beda. Jadi, Anda tak perlu membandingkan kesuksesan yang dimiliki dengan orang lain.

Setiap orang memiliki waktunya masing-masing, sebab itu Anda perlu usaha dan berikan proses terbaik yang dimiliki. Anda perlu menerima dan memberikan semangat pada diri sendiri dalam menjalani kehidupan.

Anda yang sedang merasakan tanda-tanda Quarter life crisis jangan khawatir. Jadikan, QLC sebagai proses menuju kehidupan yang lebih dewasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES