Peristiwa Daerah

Komisi V DPR RI Dukung Reaktifasi Kereta Api di Bondowoso

Minggu, 18 Oktober 2020 - 20:57 | 78.41k
Museum Kereta Api di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (Foto: Dokumen TIMES Indonesia).
Museum Kereta Api di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (Foto: Dokumen TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kereta Api di Kabupaten Bondowoso sudah lama dimuseumkan. Namun wacana untuk reaktifasi jalur ular besi ini kembali menguak belakangan. Mengingat saat ini warga butuh koneksi moda transportasi. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Nurhayati Monoarfa mengatakan bahwa saat ini banyak sekali jalur-jalur kereta api yang direaktifasi, khususnya di pulau Jawa. 

"Jadi saya mendukung penuh kalau memang itu dibutuhkan oleh daerah. Apalagi itu untuk moda transportasi yang menghubungkan. Jadi konektivitas moda transportasi itu sangat baik. Jadi kami akan dukung," paparnya. 

Politisi PPP ini juga meminta pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso untuk berdiskusi dan menindaklanjuti dengan Kementerian Perhubungan. "Kami dukung jika memang bisa maksimal," imbuhnya.

Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Daop IX, Raditia Mahardika Putra mengatakan, pihaknya mengaku siap ditunjuk sebagai operator jika kereta api di Bondowoso diaktifkan kembali. 

"Namun ketika ditanya kapan waktu reaktifasi dan jalur yang terkait, tetap kembali ke pemilik prasarana. Dalam hal ini Direktorat Jenseral Perkeretapian," jelasnya. 

Menurutnya, dalam reaktifasi memang jalurnya harus siap dan izinnya sudah keluar. "Kalau SDM, PT KAI untuk mengoperasikan kereta api selalu siap. Namun stasiun kereta api di Bondowoso untuk hari ini adalah museum," imbuhnya.

Museum KA di Bondowoso merupakan museum perkeretaapian ketiga di Indonesia setelah Ambarawa dan Sawahlunto. Jadi yang keempat jika Lawang Sewu disertakan sebagai museum perkeretaapian.

Museum Kereta Api Bondowoso adalah stasiun kereta api nonaktif kelas I yang sekarang dialihfungsikan sebagai museum sejarah perkeretaapian. 

Museum ini terletak di Kademangan, Bondowoso. Termasuk dalam Wilayah Aset IX Jember pada ketinggian. Museum ini sekarang dikelola oleh Unit Pusat Penyimpanan dan Desain Arsitektur PT KAI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Sementara itu, Dedy Ahmad Muslim, seorang warga berharap kereta api di Bondowoso bisa diaktifkan. "Soalnya kan saya sering ke Surabaya, jadi kalau ada kereta api lebih cepat. Sejauh ini masih harus ke Jember,” paparnya menganggapi usulan Komisi V DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES