Adv

Kalimat Ini Buat Santri Wali Kota Probolinggo Juara Pidato Hari Santri Nasional 2020

Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:46 | 172.46k
M. Iwan menerima trophy dari Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Probolinggo, Sardi. (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)
M. Iwan menerima trophy dari Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Probolinggo, Sardi. (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – M. Iwan menjadi juara lomba pidato dalam peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang digelar Disdikbud dan PCNU Kota Probolinggo. Satu kalimat dalam pidato santri Ponpes Riyadlus Sholihin yang diasuh wali kota itu menarik perhatian dewan juri.

Kalimat itu adalah, tanah Indonesia dicuci dengan darah kiai dan habaib. "Sejak awal lomba, kalimat itu paling membekas, bagus," kata salah satu juri, Ustadz Ghufron Hadi usai mengumumkan pemenang lomba.

Kalimat tersebut dilontarkan Iwan, untuk menunjukkan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa kaum santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, 75 tahun silam.

Lomba pidato digelar untuk remaja usia 18 tahun se-Kota Probolinggo. Temanya pidato disesuaikan dengan tema Hari Santri Nasional 2020: Santri Sehat Indonesia Kuat.

Di tengah Pandemi Covid 19, lomba didesain semi virtual. Pendaftaran dibuka 1-12 Oktober. Pada tahap ini, setiap peserta mengirimkan video pidato kepada panitia.

"Setelah itu, diseleksi selama dua hari hingga tersisa enam peserta," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Moch. Maskur melalui Kabid Kebudayaan, Sardi.

Kemudian Minggu (18/10/2020) siang, enam peserta yang tersisa berpidato langsung di depan dewan juri. Bertempat di Ruang Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo.

Setiap peserta diberi kesempatan berpidato selama tujuh menit. Kemudian setiap peserta dimintai pertanggug jawaban atas materi pidato yang disampaikan. Caranya, juri bertanya kepada setiap peserta di akhir pidato.

Hasilnya? M. Iwan keluar sebagai juara. Santri Ponpes Riyadlus Sholihin yang diasuh Habib Hadi Zainal Abidin (Wali Kota Probolinggo) itu, menyisihkan lima peserta lomba lainnya.

Di bawah M. Iwan, secara berurutan ada M. Ali (siswa MTs Riyadlus Sholihin), dan Abd. Faiz (santri Ponpes As-Sulthon). Selain itu, juga ada juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3 lomba pidato Hari Santri Nasional 2020. (ADV)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES