Peristiwa Nasional

BNPB Minta 3 Provinsi Ini Waspada, Ada Apa?

Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:25 | 53.15k
Ilustrasi. Hujan Lebat. (foto: Myjewishlearning.com)
Ilustrasi. Hujan Lebat. (foto: Myjewishlearning.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di tiga provinsi yakni Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Selatan untuk mewaspadai dampak hujan lebat di wilayahnya.

BNPB juga mengimbau agar meningkakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati menyampaikan, berdasarkan informasi potensi dampak hujan lebat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga provinsi tersebut dengan status siaga. 

"Prakiraan tersebut berlaku pada analisis cuaca pada 18 Oktober 2020, pukul 08.00 WIB, sampai dengan 19 Oktober 2020, pukul 07.00 WIB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (18/10/2020).

Sedangkan pada status waspada, BMKG merilis provinsi dengan status tersebut yakni Aceh, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

"Informasi prakiraan berbasis dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link berikut https://signature.bmkg.go.id," ujar Raditya Jati dari BNPB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES