Peristiwa Daerah

Asyiknya Ngopi dan Nongkrong di Pinggir Jalan Bantaran Blitar

Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:05 | 348.54k
Sepeda motor sedang parkir di pinggir Jalan Bantaran Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Minggu (18/10/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Sepeda motor sedang parkir di pinggir Jalan Bantaran Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Minggu (18/10/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Beberapa anak muda sedang bersenda gurau di sebuah warung kopi kecil di pinggir Jalan Bantaran Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Minggu (18/10/2020).

Mereka nampak asyik menikmati sore hari di akhir pekan bersama teman teman. Sesekali satu dari mereka menyeruput kopi dari sebuah cangkir.

Jalan Bantaran memang saat ini mulai ramai  ditongkrongi anak muda. Sepanjang jalan itu memiliki pemandangan yang indah. Area sawah dan sungai Lekso menjadi daya tarik bagi pengendara yang melintas. Sehingga, dengan sendirinya ketika melewati bantaran mereka akan berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan.

"Pemandangannya bagus mas. Tempatnya juga enak, banyak warung untuk nongkrong," kata Maskuri, warga Malang yang melepas lelah di Jalan Bantaran.

Sedikitnya, 10 warung telah berdiri di jalan Bantaran. Warung warung itu menjual aneka makanan dari yang ringan atau jajanan hingga makanan berat seperti soto dan pecel. Warung warung itu berdiri di sebelah utara bahu jalan. Sedangkan, selatan bahu jalan digunakan untuk memarkir kendaraan.

"Penjual makanannya juga banyak, ada cilok bakso, soto, pecel, mie ayam. Setiap saya ke Blitar pasti saya istirahat di sini," urai Maskuri, warga Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang setiap minggu ke Blitar itu.

Jalan Bantaran sebelumnya melewati perkebunan teh bantaran PTPN XII Nusantara. Keadaan jalan tersebut berkelok kelok mengelilingi perkebunan. Jalan tersebut juga dalam keadaan rusak parah. Akhirnya pemerintah Kabupaten Blitar meluruskan jalan yang juga menghubungkan Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Malang itu.

Proyek pelurusan jalan Bantaran meliputi jalan hotmix seluas 7x 350 meter, jembatan sebanyak dua buah masing masing bentang 6x10 meter. Juga ada sarana pendukung berupa saluran 350 meter dan saluran talud sepanjang 500 meter. Waktu itu, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM meresmikan langsung proyek pelurusan jalan Bantaran tersebut pada 8 April 2019 silam.

Tidak hanya memperlancar perputaran Roda perekonomian, kini Jalan Bantaran juga telah menjadi tempat wisata alternatif bagi pengendara yang lewat. Terutama bagi warga Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES