Peristiwa Daerah

Festival Film Bahari Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 18 Oktober 2020 - 18:40 | 99.18k
Pengunjung yang datang melihat karya foto yang dipamerkan. (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Pengunjung yang datang melihat karya foto yang dipamerkan. (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONFestival Film Bahari (FFB) kembali diselenggarakan yang ke-3 sejak 2018 lalu, dengan mengangkat tema kebaharian. Direktur Eksekutif Doni Kus Indarto mengaku festival tahun ini lebih menantang karena diselenggarakan ditengah kondisi Covid-19.

Sehingga seluruh panitianya perlu dibekali alat kesehatan, seperti memakai masker dan faceshield, menggunakan handsanitizer, melakukan pengecekan suhu juga membatasi tamu yang hadir, serta menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan).

"FFB menjadi ruang pertemuan film dan rakyat, utamanya rakyat tepi laut, dengan suasana yang egaliter dan sarat kesetaran. FFB juga menjadi ajang pertemuan dengan para sineas yang mengangkat isu bahari untuk mempresentasikan karyanya," kata Kus Indarto, (18/10/2020).

Festival Film Bahari b

Tema ini merupakan pengingat bahwa laut telah memberi kita sumber kehidupan dan penghidupan kata Kus, namun manusia terkadang lupa sehingga mengeksploitasi laut yang telah memberi banyak manfaat.

FFB hadir sebagai cara untuk mengingatkan kembali bahwa laut tidak pernah berhenti memberi kehidupan dan penghidupan bagi bumi dan manusia.

Sementara itu, Festival Direktur FFB Kemala Asthika mengatakan FFB 3 diselenggarakan dengan metode hybrid dimana program pemutaran film akan dilaksanakan secara luring dan tetap menerapkan protokol Covid-19. Sementara program diskusi akan dilaksanakan secara daring.

Masih kata Lala sapaan akrabnya, Festival Film Bahari biasanya rutin diselenggarakan di bantaran sungai, dari ketekunannya membuahkan hasil sehingga karya muda mudi ini kemudian dilirik Kementrian Pendidikan.

“Di FFB 3 kami mencoba beradaptasi dengan cara-cara baru di masa pandemi ini. Kami berupaya agar programnya disusun sedemikian rupa. Harapannya Festival Film Bahari 3 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES