Peristiwa Daerah Pilkada Serentak 2020

Calon Petugas KPPS Pilkada Tuban 2020 Lakukan Rapid Test

Minggu, 18 Oktober 2020 - 16:02 | 136.49k
Suasana tes interview seleksi Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban (18/10/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 
Suasana tes interview seleksi Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban (18/10/2020). (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, TUBAN – Seleksi pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban lewat Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa seluruh wilayah Tuban mengadakan rapid tes untuk para pendaftar.

Rapid test ini tak menyurutkan niat para pendaftar. Antusiasme warga untuk mendaftar untuk menjadi bagian badan adhoc (KPPS) terlihat di sejumlah tempat yang telah melaksanakan tes wawancara atau interview untuk KPPS dilakukan PPS desa yang tersebar di kabupaten Tuban. 

KPPS Pilkada 2

Sejumlah PPS desa kecamatan yang interview KPPS diantaranya di kecamatan Senori, PPS didampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat telah interview ratusan pendaftar dalam menentukan 7 orang KPPS yang akan ditugaskan di 79 TPS Senori. 

Ketua PPK Senori, Ninik Nurkholifah mengatakan bahwa sejak dibuka pendaftaran tanggal 7-13 Oktober, dari 12 desa terdapat tiga desa membludak pendaftar yakni Desa Leran, Desa Wanglukulon dan Desa Sendang.

Total kebutuhan 553 KPPS sebanyak 600 pendaftar, siap rapit tes dan lakukan seleksi interview di masing - masing desa.

"Rapit tes tidak menjadi kendala bagi pendaftar dan regulasi KPT KPU nomor 169 disebutkan untuk pendaftar lebih (membludak), PPS dapat melaksanakan interview atau wawancara," ucap Ninik kala monitoring interview di Desa Leran, Minggu (18/10/2020). 

Setelah tes wawancara, lanjut Ninik, akan diumumkan hasil nama-nama peserta lulus seleksi guna mendapat tanggapan dari masyarakat mulai tanggal 21-27 Oktober dan dilanjut rapid tes Covid-19 bagi calon KPPS tersebut. 

KPPS Pilkada 3

Sementara salah satu peserta KPPS Desa Leran, Siti Asmuniroh mengatakan dirinya siap rapit tes dan telah mendapat banyak pertanyaan saat interview mulai dari pengetahuan kepemiluan, rekam jejak (profil) dan pemahaman kewilayahan terakhir kesiapan mengikuti rapid tes bebas Covid-19. 

"Saya dapat pertanyaan banyak dari pengalaman pilihan, kewilayahan dan nama - nama perangkat desa yang dikenal sampai Rt/Rw, terakhir kesiapan rapid tes," ucap bunda PAUD, Muniroh kepada TIMES Indonesia. 

Untuk diketahui KPU dalam pilkada Tuban, 9 Desember mendatang sejak bulan Oktober telah membuka seleksi KPPS untuk bertugas di 2.215 TPS dengan total kebutuhan 15.505 SDM KPPS. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES