Peristiwa Daerah

RSUD Besemah Luncurkan Alat Operasi Laser Katarak

Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:56 | 54.01k
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menegaskan manajemen RSUD Besemah  untuk tetap menumbuhkan kepercayaan masyarakat dalam hal pelayanan (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menegaskan manajemen RSUD Besemah untuk tetap menumbuhkan kepercayaan masyarakat dalam hal pelayanan (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni menegaskan kepada manajemen RSUD Besemah untuk tetap menumbuhkan kepercayaan masyarakat dalam hal pelayanan. Kak Pian mengapresiasi pembenahan dalam pelayanan terus dilakukan, salahsatunya dengan hadirnya alat phaco, yaitu untuk operasi laser katarak.

“Jadi, jangan lagi ada penolakan jika ada masyarakat atau pasien yang berobat di rumah sakit,” ujar Kak Pian disela peluncuran phaco atau laser katarak di Aula RSUD Besemah, Minggu (18/10/2020)

Hadirnya alat phaco ini sebut Kak Pian bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Alat ini sangat berperan penting dalam melayani kesehatan masyarakat.

Ditambahkan Direktur RSUD Besemah, dr Dian Netha Inggriany, phaco emulsifikasi merupakan alat pelayanan baru untuk operasi katarak modern. Sebelumnya untuk pengoperasian bagi penderita katarak dilakukan secara konvensional.

“Tehnik operasinya, untuk melunakkan (emulsifikasi, red) dan mengeluarkan lensa katarak pada saat yang bersamaan,” terang dr Dian.

Dia juga menyebutkan, kebihan dengan teknologi laser katarak ini, sayatan sangat kecil, proses cepat sekitar 15 menit, tanpa jahitan. “Mengurangi rasa nyeri dan nyaman setelah operasi, pemulihan lebih cepat dan pasien dapat pulang setelah operasi,” bebernya.

Untuk diketahui, jumlah pasien katarak di Kota Pagaralam banyak berasal dari luar daerah. Di tahun 2019, terekam sebanyak 401 pasien, angka ini turun hingga saat September 2020 mencapai 118 pasien.

Kendati penyakit katarak cenderung dialami manula, namun dampaknya mempengaruhi kemandirian dan kesehatan bagi manula. “Pihak RSUD Besemah terus berupaya meningkatkan pelayanan, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pagaralam dan sekitarnya bisa terlayani,” katanya usai peluncuran alat operasi laser katarak. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES