Peristiwa Daerah

Puluhan Organisasi Relawan, Ikuti Kongres II SRPB Kota Pasuruan

Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:45 | 57.32k
Suasana kongres II SRPB Kota Pasuruan, Minggu (18/10/2020).(Foto: Robert/TIMES Indonesia)
Suasana kongres II SRPB Kota Pasuruan, Minggu (18/10/2020).(Foto: Robert/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebanyak 22 organisasi mitra yang tergabung di Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Kota Pasuruan, menggelar kongres yang ke-II, pada Minggu (18/10/2020).

Kongres yang juga dihadiri oleh Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih dan pengurus SRPB Jatim lainnya tersebut, digelar di Gedung BPBD Kota Pasuruan, Jalan KH Mansyur-Kota Pasuruan. Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Syamsul Hadi mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya SRPB Kota Pasuruan.

"Kita bisa sejalan seiring dan bersinergi dengan rasa persatuan dan kebersamaan untuk bermanfaat bagi masyarakat," terang Syamsul Hadi yang juga membuka kongres tersebut.

Kongres SRPB Kota Pasuruan a

Menurut Syamsul Hadi, keberadaan SRPB Kota Pasuruan juga sangat didukung oleh DPRD Kota Pasuruan. Bahkan beberapa kali anggota dewan menyambangi sekretariat SRPB Kota Pasuruan.

"Kami memang memberikan ruang dan tempat untuk sekretariat ini kepada SRPB Kota Pasuruan agar memudahkan koordinasi dan juga bisa jadi tempat berkumpul para relawan," imbuhnya.

Syamsul Hadi juga mengatakan akan terus melibatkan relawan yang tergabung di SRPB Kota Pasuruan dalam berbagai kegiatan. 

Seperti diketahui, selama ini SRPB Kota Pasuruan ikut terlibat dalam posko-posko kebencanaan. Bahkan juga dilibatkan dalam tim pemulasaraan jenazah Covid-19.

Kongres SRPB Kota Pasuruan b

"Walaupun pandemi nanti sudah tidak ada, SRPB Kota Pasuruan tetap akan kami libatkan," katanya.

Dalam waktu dekat ini, yaitu tanggal 26 Oktober 2020 mendatang, relawan SRPB Kota Pasuruan akan dilibatkan dalam gawe akbar Haul Mbah Hamid. Dalam kegiatan tersebut yang rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dan Gus Baha. SRPB Kota Pasuruan akan diikutkan dalam sosialisasi penggunaan masker serta protokol kesehatan.

Sementara itu, Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih memberikan empat pesan penting kepada para peserta kongres. Empat pesan tersebut adalah Kober, artinya meluangkan waktunya demi organisasi. Yang kedua adalah Pinter. Artinya harus pandai dalam manajemen berorganisasi, mengatur keuangan, maupun sumber daya manusia (SDM). 

Yang ketiga adalah banter atau cepat. Dalam artian cepat mengambil keputusan, cepat bertindak, maupun cepat melobi. Sedangkan yang terakhir adalah Sabar bisa menghadapi semua organisasi mitra, menghadapi masyarakat, maupun masalah dirinya sendiri.

"Yang perlu diingat adalah tetap menjalin sinergi yang baik dengan lembaga seperti BPBD maupun organisasi-organisasi lainnya," jelas Kak Dian panggilan akrabnya.

Ia menambahkan, SRPB sebagai organisasi punya independensi keuangan, visi dan misi organisasi. Namun dalam kegiatan sehari-hari tetap melakukan koordinasi dengan pihak lain, seperti BPBD setempat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES