Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Sarang Walet, Mengingatkan Prada Agus Akan Kampung Halamannya

Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:40 | 31.77k
Sarang Walet, Mengingatkan Prada Agus Akan Kampung Halamannya
Sarang Walet, Mengingatkan Prada Agus Akan Kampung Halamannya
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SINTANG – Ketika melihat Pak Irup yang sedang membersihkan sarang waletnya,  Prada Agus, salah satu anggota Satgas TMMD 109/Sintang menghampirinya. Apa yang dilakukan oleh warga Desa Tirta Karya, Kecamatan Ketungau Tengah tersebut mengingatkan masa kecilnya sewaktu sebelum menjadi anggota TNI, Jumat (16/10/2020).

Serambi membantu Pak Irup membersihkan sarang waletnya, Prada Agus menceritakan kisah kecilnya. Bujangan kelahiran Gunung Kidul Yogyakarta tersebut, seringkali memburu sarang walet yang ada di daerahnya. Keberadaannya yang sering membuat sarang di dalam goa maupun tebing di daerah pesisir, selalu diburu warga lainnya. Namun dikarenakan adanya larangan dari daerah setempat karena ditakutkan merusak alam sekitar, akhirnya diurungkannya.

" Dulu masa lalu saya ya seperti ini pak, sering memburu sarang walet dan membersihkannya. Hampir seluruh pesisir dan gua yang dianggap sebagai sarang walet saya datangi. Namun wilayah melarang karena banyaknya orang yang memburu dikhawatirkan merusak habitat alam yang ada di daerahnya, " ungkap Prada Agus. 

Kesenangannya memburu sarang walet akhirnya berakhir ketika dirinya membulatkan tekad untuk mendaftar sebagai anggota TNI. Nasib baik berpihak padanya, sekali mendaftar, Agus langsung diterima dan mengikuti pendidikan hingga di tempatkan di wilayah Kalimantan ini. Sungguh pak, ini mengingatkan saya sewaktu saya masih dikampung, " ceritanya berseri seri. (1205/Sintang)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-15 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES