Peristiwa Daerah

Antisipasi Banjir Jakarta, Gubernur Anies Kembali Keruk Setu Babakan

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 21:17 | 54.03k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau agenda pengerukan Setu Babakan. (FOTO: IG Anies Baswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau agenda pengerukan Setu Babakan. (FOTO: IG Anies Baswedan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam antisipasi bencana banjir Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan pengerukan Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/10/2020). Gubernur Anies pun langsung meninjau ke lapangan jalannya agenda tersebut.

"Pengerukan dilakukan masif oleh Dinas Sumber Daya Air Prov. DKI Jakarta di waduk/ embung/sungai/situ, dengan mengerahkan hingga 3 kali lipat alat berat," katanya Anies.

Mantan Mendikbud RI itu menjelaskan, pengerukan Setu Babakan itu sudah dikerjakan sejak bulan Juli 2020 lalu. Danau seluas 34 hektare ini mengalami pendangkalan di titik selatan. Sehingga pihaknya lakukan pengerukan sampai dua meter, agar daya tampungnya bertambah.

Gubernur Anies

"Selain Setu Babakan, Setu Mangga Bolong juga sedang dikeruk, kedua situ ini memiliki peranan penting sebagai resapan air di Jakarta Selatan," ujarnya.

Seperti diketahui, tahun ini ada beberapa trobosan yang diambil pemrov DKI Jakarta untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Antara lain, DKI Jakarta telah mempersiapkan 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi

Selain itu, menambahkan 10 pompa mobile penambahan unit (sekarang tersedia 160 unit) dengan kapasitas hingga 400 liter/detik. Diprioritaskan untuk lokasi seperti Kali Betik, Muara Angke dan Teluk Gong, dan lokasi rawan genangan lainnya.

Pemrov DKI Jakarta juga telah mempersiapkan 65 unit pompa apung yang tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta dengan daya sodet mencapai 50 liter/detik. Hal itu agar bencana banjir Jakarta bisa diminimalisir pada tahun 2020 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES