Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Minuman Minrose Karya Pelajar di Bondowoso Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 16:16 | 60.34k
Siswa SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso menunjukkan hasil produksi minuman minrose. Minuman berbahan dasar bunga Rosella ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Siswa SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso menunjukkan hasil produksi minuman minrose. Minuman berbahan dasar bunga Rosella ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain harus mematuhi Protokol Kesehatan 3M, yakni mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, imunitas atau kekebalan tubuh juga harus diperhatikan. Baik dengan olah raga, dan sebagainya. Berbicara imun tubuh. Siswa SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, Jawa Timur, berhasil berinovasi dengan membuat minuman minrose yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Minrose hasil siswa ini pun banyak diminati warga. Minuman yang diproduksi sejak beberapa tahun lalu ini, berbahan dasar bunga rosella (Hibiscus sabdariffa). Bunga rosella merupakan spesies bunga asal Afrika. Bunga rosella cukup populer di negara asalnya, sementara di Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama bunga asam paya.

Kepala Sekolah SMK PP Negeri 1 Tegalampel, Anik Sudiartini mengatakan, bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini para siswa tetap memproduksi minuman sehat tersebut, karena permintaan tetap normal.

"Berdasarkan hasil penelitian. Bunga Rosella ini banyak mengandung manfaat. Ada vitamin C dan sebagainya, baik untuk imunitas tubuh," paparnya, Sabtu (17/10/2020). Anik menjabarkan, dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A. 

Agar siswa tetap bisa berproduksi di tengah pandemi. Ia memberi sugesti agar tidak takut dengan Covid-19. Asal tetap memerhatikan protokol kesehatan. "Akhirnya anak-anak mau berproduksi," imbuhnya.

Pandemi yang berpengaruh tehadap ekonomi, tak membuat produksi berhenti. Sebab SMK PP memaksimalkan keberadaan lapak online dan media sosial untuk menjual minuman minrose. "Kita juga bersinergi dengan dinas, pemdes dan instansi yang lain," jelasnya.

Sementara untuk produksi dan penjualan diserahkan ke siswa. Bahkan ia sebegai Kepala Sekolah juga membeli.

"Dalam satu dus penjual (siswa) dapat penghasilan Rp 2.000. kalau lima kan sudah Rp 10 ribu, cuma menawarkan. Jadi uang jajan tidak usah minta ke orang tua," jelasnya.

Selain produksinya yang dilakukan secara higienis. Minuman Minrose ini, juga punya izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga), dan sudah ada stample halalnya.

Bahkan minuman minrose karya siswa SMK PP Negeri 1 Tegalampel di Bondowoso ini, meraih peringkat kedua di tingkat Jatim dalam GKT Creative Camp (GCC) dalam rangka HUT ke-75 Jawa Timur Tahun 2020, dan bersaing dengan ratusan sekolah SMK/SMA sederajat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES