Politik

Pemilihan Umum New Zealand: Jacinda Arden Memimpin Sementara

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 15:25 | 45.56k
Judith Collins dan Jacinda Arden. (Foto: Getty/The Guardian)
Judith Collins dan Jacinda Arden. (Foto: Getty/The Guardian)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPemilihan umum di New Zealand berlangsung hari ini Sabtu (17/10/2020). Ini adalah pemilu ke – 53 sejak negara ini berdiri. Tak kalah panas dengan pemilu yang akan terjadi di Amerika, pemilu di negara yang dihuni suku Maori ini juga menjadi perhatian dunia.

Negara yang hanya memiliki daftar pemilih sekitar 3,5 juta jiwa ini juga memberlakukan pemilu melalui email. Setidaknya 1,7 juta surat sudah masuk ke dalam perhitungan cepat.

Pemerinttah setempat juga menyediakan bilik suara bagi mereka yang belum memberikan hak suara melalu email. Bilik suara tersebut dibuka pagi ini jam 9 dan akan ditutup nanti jam 7 malam waktu setempat.

Tampak beberapa partai besar mengikuti pemillihan presiden ini. Dilansir dari The Guardian sekitar 10 persen suara telah masuk dan menunjukkan Jacinda Arden dari Partai Buruh memimpin perolehan suara.

Pemerintah setempat membatasi media tv, radio dan koran untuk mengadakan perhitungan cepat dan hanya merujuk pada hasil perhitungan dari pemerintah.

Jajak pendapat calon presiden pun dilarang. Bahkan Jacinda terlihat menghabiskan waktunya dengan mengantarkan makanan kepada para sukarelawan pendukungnya.

Diperkirakan hasil pemilihan umum bisa keluar dengan cepat tahun ini, karena begitu banyak suara awal telah diberikan. Namun, surat suara dari penduduk New Zealand yang tinggal di luar negeri baru akan dihitung pada tanggal 6 November nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES