Peristiwa Internasional

Trump Akhirnya Gelontorkan Dana Bantuan untuk Kebakaran Hutan di California

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:52 | 44.37k
Kebakaran hutan di California. (Foto: Ron Holman/Visalia Times-Delta-USA Today)
Kebakaran hutan di California. (Foto: Ron Holman/Visalia Times-Delta-USA Today)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sempat menolak untuk memberikan dana bantuan kebakaran hutan di California, Trump akhirnya meyetujui dan menggelontorkan dana untuk membantu pemerintah setempat menangani kebakaran hutan mereka.

Kabar gembira ini disampaikan oleh Gubernur California Gavin Newsom dalam ungguhannya di Twitter. “Baru saja berbicara di telepon dengan @realDonaldTrump yang telah menyetujui permintaan Deklarasi Bencana Alam kami,” begitu twit-nya seperti dilansir dari USA Today.

Sebelumnya, Trump memang menolak pengajuan dana bantuan oleh Newsom. Trump menganggap hal ini bukanlah bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim, namun lebih kepada buruknya sistem penanganan kebakaran hutan di negara bagian Amerika tersebut.

Diketahui, sebesar 57 persen Hutan di California atau sekitar 19 juta mil persegi dikelola oleh pemerintah pusat dan sisanya lagi dikelola oleh pemerintah negara bagian California. Dua tahun terakhir Trump memang gencar menyalahkan California atas buruknya sistem penanganan hutan setempat.

Permintaan bantuan yang disetujui adalah bantuan untuk daerah Sierra Nevada. Daerah ini terbakar semenjak 4 September kemarin. Kebakaran hutan di daerah ini telah menghanguskan sekitar 850 rumah dan sekitar 537 mil lahan di provinsi Fresno dan Madera.

Hingga saat ini diperkirakan 60 persen kebakaran hutan sudah diatasi, namun api belum juga padam dan masih mengancam wilayah sekitar California. Secara keseluruhan setidaknya 4 juta mil persegi lahan hutan telah terbakar dalam kurun waktu sebulan terakhir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES