Tekno

Layanan Google Hangouts Mulai Dimatikan

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:16 | 101.72k
Google Hangouts. (Foto: Google)
Google Hangouts. (Foto: Google)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google telah memulai proses mematikan layanan Google Hangouts. Para penggunanya pun diingatkan untuk segera berpindah ke layanan Google Chat.

Penghentian ini sesuai dengan pengumuman Google pada tahun 2018, yang akan memensiunkan Hangouts pada tahun 2020. Dalam postingan blognya, Google mengatakan masa transisi pengguna dari Hangouts ke Chat pada paruh pertama 2021.

Google nantinya akan memberikan panduan untuk memindahkan semua percakapan, tapi belum diketahui jadwal pastinya.

"Mulai paruh pertama 2021, semua orang bisa mulai upgrade dari Hangouts ke Chat," tulis Google dalam blognya yang dikutip dari  Cnet.

"Kami akan membantu memindahkan percakapan Hangouts kalian secara otomatis, bersama dengan kontak dan history yang tersimpan," tulis Google.

Google mengatakan perpindahan dari Hangouts ke Chat akan dilakukan secara bertahap. Jadi akan ada periode di mana kedua layanan messaging tetap tersedia. Semua pengguna Hangouts, baik yang gratis atau yang terdaftar di Workspace, nantinya akan dipindahkan ke Chat. Setelah selesai, Chat akan menggantikan Hangouts sepenuhnya.

Meski tidak sepenuhnya mirip Hangouts, Google Chat sebenarnya memiliki fitur tambahan untuk percakapan dan kolaborasi di dalam grup, sekaligus fitur keamanan baru.

Nantinya Google Chat juga akan diintegrasikan dengan aplikasi Gmail bersama dengan Rooms dan Meet. Google juga menyampaikan untuk pengguna Google Hangouts di Amerika Serikat dan Eropa, kemampuan untuk menelepon lewat Hangouts akan dihilangkan pada awal tahun depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES