Peristiwa Nasional 3M Lawan Covid

Ini Tips Agar Pondok Pesantren Terhindar dari Bahaya Covid-19

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:36 | 78.51k
Pesantren yang menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Pesantren yang menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPondok Pesantren rentan terpapar Covid-19 lantaran berinteraksi dalam lingkungan yang terbatas. Akan tetapi, ada tips-tips yang bisa dilakukan agar pendok pesantren terhindar dari bahaya Covid-19 tersebut.

Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Dr KH Sofwan Manaf, menyebutkan lima langkah memutus mata rantai Covid-19 di Pondok Pesantrennya sendiri. Dan hal ini bisa dilakukan di pondok-pondok lainnya. Apa saja?

Pertama, menerapkan satu pintu atau one gate system guna membatasi lalu lintas orang yang masuk. Penerapan ini membuat interaksi santri dengan masyarakat menjadi mudah terpantau.

Kedua, wajib pakai masker selama di lingkungan pondok pesantren, bagi santri, guru, dan pengelola dan memberikan denda Rp 250.000 bagi pelanggarnya.

Ketiga, mewajibkan guru dari luar yang mengajar tinggal di pondok pesantren atau memilih mengajar melalui daring agar tidak menularkan pada santrinya.

Keempat, membatasi kunjungan orangtua santri selama masa pandemi, yakni 80 orang per minggu. Orangtua santri pun perlu melakukan pendaftaran online sebelumnya.

Kelima, bagi santri yang akan datang ke pondok pesantren harus melalui empat tahap, misalnya rapid test. Kemudian setelah hasilnya negatif santri diwajibkan menjalani isolasi mandiri sebelum bergabung dengan santri lainnya.

"Saat berkunjung wali santri juga diberikan jarak dua meter saat bertemu santri dan tidak boleh bersentuhan badan," ujarnya soal tips agar pondok pesantren terhindar dari Covid-19. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES