Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Lamongan Resmi Tetapkan Jumlah DPT di Pilbup Lamongan

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 00:09 | 154.23k
Makhrus Ali, Komisioner KPU Kabupaten Lamongan saat mengumumkan secara resmi jumlah DPT pada Pilbup Lamongan 2020, di Rumah Makan Aqila, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat (16/10/2020). (Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Makhrus Ali, Komisioner KPU Kabupaten Lamongan saat mengumumkan secara resmi jumlah DPT pada Pilbup Lamongan 2020, di Rumah Makan Aqila, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat (16/10/2020). (Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan (KPU Lamongan) resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilbup Lamongan 2020 sebanyak 1.038.756 jiwa.

Komisioner KPU Kabupaten Lamongan Makhrus Ali, menjelaskan, penetapan DPT setelah melalui proses panjang yakni perbaikan di tingkat bawah hingga stakeholder lainnya.

Komisioner KPU Kabupaten Lamongan 2

"KPU Kabupaten Lamongan secara resmi tetapkan warga yang berada di 27 Kecamatan, 474 desa atau kelurahan dengan pemilih laki-laki sebanyak 514.009 dan pemilih perempuan 534.747 dengan jumlah total ada 1.038.756," ujarnya, Jumat (16/10/2020)

Makhrus menjelaskan, jumlah tersebut berkurang sekitar 17.244 dari jumlah DPT saat Pemilu 2019 dikarenakan adanya pemilih yang pindah, meninggal dunia hingga masalah ganda identitas,

"Setelah melakukan pemutakhiran data dari tigal hal tersebut bersama Bawaslu dan stakeholder masyarakat lumayan banyak turunnya. Untuk pemilih pemula sekitar 17 ribu hingga bisa ditetapkan sebesar 1.038.756," katanya.

Jika kemudian hari ditemukan pemilih yang meninggal atau pindah KK setelah penetapan DPT ini, Makhrus menuturkan, aka nada keberlanjutan pendataan sampai menjelasng H-3 dari pemilihan.  

"Mengenai yang meninggal atau pindah KK akan ada keberlanjutan DPTB (daftar pemilih tambahan) dari DPT ini sampai menjelang H-3 dari pemilihan," katanya.  

Pada prinsipnya pergerakan dari DPT ini, Ketua KPU Lamongan berujar, akan tetap terus memantau dan memprogress secara berkala.

"KPU Kabupaten Lamongan akan mencermati kembali sampai menjelang hari H untuk pemilih yang sudah terdaftar. DPT ditetapkan berfungsi sebagai data untuk menghitung kebutuhan logistik dari penyelenggaraan pemilu," akunya.  

Dia juga menambahkan, jumlah TPS (tempat pemungutan suara) yang ada di Kabupaten Lamongan mencapai 3071. "Jumlah tersebut termasuk 1 TPS yang ada di Lapas Lamongan sesuai kebijakan KPU RI," ucapnya.  

Sedangkan yang menjadi catatan Bawaslu Kabupaten Lamongan, Makhrus mengaku, sudah melakukan perbaikan-perbaikan data.  

"Pasca diturunkannya baik itu data dari teman-teman hasil rekapan di tingkatan kecamatan maupun dari Bawaslu itu sudah clear," ujar Komisioner KPU Lamongan itu usai resmi menetapkan jumlah DPT pada Pilbup Lamongan 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES