Politik Pilkada Serentak 2020

Ipuk Fiestiandani Siapkan Program Uang Saku Pelajar di Banyuwangi

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:52 | 76.09k
Ipuk Fiestiandani sedang mengajari anak-anak. (FOTO: Ipuk for TIMES Indonesia)
Ipuk Fiestiandani sedang mengajari anak-anak. (FOTO: Ipuk for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Banyuwangi, Calon Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas telah merancang program uang saku untuk pelajar. Setiap hari, para pelajar akan mendapatkan uang saku rutin Rp. 20 ribu.

Program uang saku ini, dimaksudkan Ipuk untuk membantu para orang tua yang kurang mampu dalam memberikan uang jajan kepada putra-putrinya saat pergi sekolah.

"Saya dan Pak Sugirah sudah menyiapkan program untuk dunia pendidikan. Salah satunya adalah program uang saku Rp 20 ribu setiap hari untuk pelajar yang orang tuanya kurang mampu," kata Ipuk, Sabtu (17/10/2020).

Semakin tua zaman maka semakin besar keperluan biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini juga berlaku untuk serba-serbi anak sekolahan. Misalnya saja untuk membeli makanan atau minuman.

Di era anak sekolah tahun 90'an, uang saku senilai Rp. 1 ribu sudah terbilang cukup. Namun seiring berjalannya waktu, harga-harga perlahan mengalami kenaikan. Secara otomatis, orang tua harus memberikan uang saku lebih kepada anaknya. Kebutuhan pun semakin bertambah.

Hal inilah yang menjadi salah satu dasar ibu satu anak ini untuk merumuskan program uang saku tersebut. Ipuk berharap, program ini dapat meringankan sedikit kebutuhan para orangtuanya untuk mencukupi biaya sekolah anak-anaknya.

Selain bantuan rutin uang saku ini, istri Bupati Azwar Anas tersebut juga telah menyiapkan program lain. Diantaranya, program bantuan tabungan pelajar, program beasiswa kuliah dan pendampingan cegah putus sekolah.

"Jadi apabila bapak-ibu memiliki anak, keponakan, tetangga, yang pintar tapi tidak punya dana untuk melanjutkan kuliah, bisa lapor ke RT/RW atau kepala desa dan nantinya bisa diberikan beasiswa," jelas Ipuk.

Lebih lanjut Ipuk menjelaskan. Dalam kepemimpinannya nanti, dia akan memaksimalkan perhatian untuk memacu para calon cendikiawan Banyuwangi lebih berprestasi. Sejumlah beasiswa pelajar, santri, yatim-piatu, anak dari keluarga kurang mampu, hingga beasiswa bagi penyandang disabilitas.

Selama ini telah banyak anak Banyuwangi yang diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak anak yang mendapat beasiswa untuk kuliah baik di dalam maupun di luar Banyuwangi.

"Bersama program uang saku Rp 20 ribu ini, program-program pendidikan lainnya akan kami genjot terus," kata Ipuk Fiestiandani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES