Politik Pilkada Serentak 2020

Ini Makna di Balik Kostum Pasangan QA pada Surat Suara Pilbup Gresik 2020

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:23 | 68.05k
Cabup Qosim usai menandatangani desain surat suara di Pilbup Gresik 2020 (Foto: Media Center Paslon QA for TIMES Indonesia).
Cabup Qosim usai menandatangani desain surat suara di Pilbup Gresik 2020 (Foto: Media Center Paslon QA for TIMES Indonesia).
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, GRESIK – Calon bupati dan wakil bupati Moh Qosim dan Asluchul Alif (pasangan QA) menyetujui desain surat suara di Pilbup Gresik 2020. Pasangan nomor urut 01 ini memakai kostum baju putih dipadu dengan kopiah hitam. Apa maknanya?

Cabup Qosim menerangkan di balik pakaian yang dikenakan bersama wakilnya Asluchul Alif pada surat suara telah memiliki makna tersirat. Kopiah hitam, kata Qosim bermakna Gresik adalah daerah yang mempunyai banyak perajin kopiah.

Bahkan produk dari UKM Gresik ini tak hanya digemari para pejabat tinggi di Indonesia. Namun juga mampu menembus ke pasar ekspor mulai Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia hingga Timur Tengah.

“Jadi selain menjadi identitas nasional, songkok juga menjadi ciri khas Kabupaten Gresik. Karena di Gresik banyak perajin kopiah seperti di Bungah dan juga kawasan kota,” katanya, Sabtu (17/10/2020).

Dengan demikian, pemakaian kopiah tersebut juga menjadi tanda kepedulian paslon Qosim-Alif terhadap perkembangan UMKM Gresik. 

Hal ini pun selaras dengan visi misi Qosim-Alif, salah satunya akan menghadirkan ‘Kartu UMKM Bangkit’ yang dapat membantu dari sisi permodalan dan pemasaran produk.

Sedangkan ‘Baju Koko Putih’ lebih dekat dengan makna religius dan merakyat. Artinya, pakaian tersebut di kalangan masyarakat cukup familier. "Hal ini menandakan kami tidak menciptakan jarak dengan warga masyarakat. Tapi justru sebaliknya," imbuh Qosim, menambahkan.

Diketahui bahwa approval atau persetujuan desain surat suara, ini merupakan tahap terakhir, setelah beberapa waktu lalu diberikan kesempatan jika masih ada perubahan desain. Sementara, Qosim-Alif (pasangan QA) sudah menyetujui desain foto yang tertera di surat suara Pilbup Gresik 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES