Politik Pilkada Serentak 2020

Program Banyuwangi Cerdas Berkarakter Milik Ipuk Fiestiandani Bakal Naikkan Insentif Guru

Jumat, 16 Oktober 2020 - 22:25 | 90.19k
Ipuk Fiestiandani bersama warga Kecamatan Cluring, Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Ipuk Fiestiandani bersama warga Kecamatan Cluring, Banyuwangi. (Foto: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabar gembira untuk para guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) di Banyuwangi. Dengan program 'Banyuwangi Cerdas Berkarakter' milik Calon Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, besaran insentif para tenaga didik bakal mengalami kenaikan.

Sebelumnya, di era pemerintahan Bupati Azwar Anas sejak 2018 insentif tenaga honorer di Banyuwangi sudah mengalami kenaikan. Dari Rp 300 ribu per bulan menjadi Rp 1 juta per bulan untuk K2. Sementara untuk non K2 mendapatkan Rp 750 ribu per bulan.

"Dengan program ini, saya dan Pak Sugirah berkomitmen untuk memperjuangkan para guru," kata Ipuk, saat blusukan di Kecamatan Cluring, Jumat (16/10/2020).

Program Banyuwangi Cerdas Berkarakter ini merupakan program pendidikan yang masuk dalam 22 program yang langsung digarap oleh duet Ipuk dan Sugirah.

Seperti diketahui, Banyuwangi memiliki banyak program pendidikan seperti pemberian beasiswa pelajar dari keluarga tidak mampu. Ada juga program yang mengirimkan guru ke pelosok-pelosok, Siswa Asuh Sebaya, dan program pendidikan lainnya.

Selain GTT, Ipuk juga menyiapkan program insentif untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Selama 10 tahun terakhir, telah banyak program pendidikan yang dijalankan. Kedepannya, program-program tersebut akan kami lanjutkan. Bahkan untuk semuanya kami akan tingkatkan," katanya.

Secara terpisah, salah satu guru honorer di Banyuwangi menyambut suka cita dengan program milik Ipuk. Diharapkan, dengan program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh guru honorer atau GTT di Banyuwangi.

"Program beliau bagus. Diharapkan bisa mensejahterakan guru. Kami menyambut setiap program yang ditujukan untuk kemajuan pendidikan di Banyuwangi," kata Rudi Suhariyanto.

Menurut Rudi, para guru memang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah daerah terhadap kesejahteraan para pengampu pendidikan ini. Karena itu, dia berharap kepada bupati Banyuwangi selanjutnya mampu memberikan kebijakan yang lebih baik.

"Kita butuh program-program untuk meningkatkan kesejahteraan para guru. Baik itu untuk guru honorer atau GTT maupun guru semuanya di Banyuwangi," kata Rudi saat menanggapi program Banyuwangi Cerdas Berkarakter dari Ipuk Fiestiandani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES