Peristiwa Daerah

Satgas Covid-19 Indramayu Sediakan Layanan Kesehatan

Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:54 | 44.14k
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara saat menunjukkan layanan telesehat.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara saat menunjukkan layanan telesehat.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Dalam upaya mengurangi resiko penyebaran Covid-19 kepada tenaga kesehatan, Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Jawa Barat menyediakan layanan berupa telehealth dan telesehat bagi para pasien maupun masyarakat Indramayu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan, telehealth hadir karena menyikapi adanya Pandemi ini, di mana fasilitas kesehatan yang terbatas, juga demia mengurangi resiko dan klaster baru yang muncul dari tenaga kesehatan.

Dengan layanan telehealth ini, lanjut Deden, maka antara pasien dengan tenaga kesehatan bisa saling berkomunikasi, baik itu melalui media telepon maupun pesan WhatsApp, tanpa adanya kontak langsung.

"Antara pasien dengan tenaga kesehatan bisa saling berinteraksi tanpa harus tatap muka langsung," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (16/10/2020).

Adapun mekanismenya, lanjut Deden, pihaknya menyebarkan akun media sosial seperti Facebook, Instagran, maupun Twitter kepada masyarakat. Di masong-masing akun tersebut akan dicantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Melalui nomor itu, pasien dan tenaga kesehatan akan bisa saling berinteraksi," ungkapnya.

Selain telehealth, lanjut Deden, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI juga meluncurkan program telesehat di 20 provinsi pilihan, salah satunya Jawa Barat. Program ini berupa layanan edukasi untuk masyarakat yang bisa diakses melalui website Kementerian Kesehatan RI.

Di situ, masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter secara online terkait penyakit apapun, edukasi terkait kesehatan yang bisa diunduh, serta fasilitas kesehatan terdekat dari pasien.

"Layanan ini gratis dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sejak adanya Pandemi," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES