Peristiwa Daerah

Air Laut Pasang Naik, Warga Sekitar Pesisir Pantai Daruba Mulai Khawatir

Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:35 | 95.36k
Air laut pasang naik di ikuti gelombang dan angin kencang membuat air laut naik ke darat menggenangi sebagian dapur rumah warga Daruba Pante Pulau Morotai. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).
Air laut pasang naik di ikuti gelombang dan angin kencang membuat air laut naik ke darat menggenangi sebagian dapur rumah warga Daruba Pante Pulau Morotai. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAIAir laut pasang naik, angin kencang dan gelombang tinggi mulai terjadi di pesisir pantai Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Peristiwa yang sudah menjadi langganan masyarakat di daerah tersebut saat masuk pertengahan bulan Oktober hingga Desember ini, dapat mengancam keselamatan warga.

Di sepanjang pesisir pantai Daruba, terutama lingkungan Daruba Pantai, biasanya air laut naik hingga menggenangi rumah warga, dan jalan depan rumah.

Seperti disampaikan Salma. Saat ini air laut pasang naik setinggi tanggul, angin barat sudah mulai bertiup kencang dan diikuti gelombang tinggi sehingga air laut naik ke darat melewati tanggul.

Air Laut pasang

Menurutnya, masyarakat di bibir pantai sudah biasa mengalami hal ini. Namun, yang dikhawatirkan bila air pasang naik sat sore hingga malam hari. "Sore jelang malam ini saja air laut pasang naik sudah setinggi tanggul, ditambah angin kencang bertiup dan gelombang membuat air laut naik hingga menggenangi dapur rumah warga termasuk saya," ungkap Salma, Jum'at (16/10/2020) sore.

Hal senada disampaikan Alim. Menurutnya, puncaknya akan terjadi ketika angin lebih kencang dan gelombang tinggi, maka air laut meluber hingga ke jalan depan rumah.

Saat ini air pasang menggenang baru sebatas mata kaki orang dewasa. Yang dikhawatrikan, apabila talud yang ada roboh akibat air pasang tersebut.

Dia berharap, Pemda Pulau Morotai melalui dinas PU agar menambah ketinggian talud, karena kondisi talud saat ini apa bila air pasang naik seperti saat ini sudah melewati talud, kemudian diikuti angin dan gelombang membuat kondisinya lebih mengkhawatirkan.

Pengamatan TIMES Indonesia, pada pukul 18:45 WIT ratusan rumah yang berada di bibir pantai Daruba, khususnya daerah Daruba Pantai sebagian besar dapurnya sudah tergenang air laut. Air laut pasang sudah naik setinggi talud yang ada. Serta diikuti gelombang dan angin kencang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES