Peristiwa Daerah

Puluhan Jurnalis Tuban Lolos Seleksi Program FJPP

Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:32 | 71.62k
tangkapan layar laman ubahlaku.id
tangkapan layar laman ubahlaku.id

TIMESINDONESIA, TUBAN – Puluhan jurnalis di Kabupaten Tuban dinyatakan lolos seleksi program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) yang diselenggarakan Dewan Pers dengan Satgas Covid-19, Jumat (16/10/2020).

Kepastian tersebut diperoleh dari website ubahlaku.id yang mengumumkan peserta lolos seleksi FJPP gelombang 1 sebanyak 3.517 wartawan dari media cetak, siber, radio maupun televisi secara Nasional. 

Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto dalam keterangan menyampaikan, pihaknya mengaku bersyukur atas lolosnya belasan wartawan Tuban dalam program FJPP Nasional tersebut.

"Sedikitnya ada 15 wartawan Tuban dinyatakan lolos, mereka juga telah mengikuti pembekalan oleh penyelenggara melalui briefing Zoomm Rabu (14/10) kemarin," tambah wartawan MNC Group tersebut.

Menurut Pipit, sejak dibuka pendaftaran gelombang 1 pada 3-11 Oktober 2020, puluhan jurnalis Tuban, turut antusias ikut terpanggil dari total pendaftar sebanyak 4.963 wartawan se-Indonesia.

"Pendaftaran gelombang 2 juga akan dibuka hingga 18 Oktober 2020, namun sepertinya kuota Jawa Timur sudah tercukupi," imbuhnya. 

Dari informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, program FJPP memiliki 3 kegiatan utama yakni menjadikan jurnalis berperspektif perubahan perilaku masyarakat guna mencegah penularan Covid-19.

Kedua, menekankan dan menciptakan pemberitaan dengan mengikuti kode Etik Jurnalistik yang menitik beratkan pentingnya pendisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan saat pandemi covid -19.

Dan ketiga, melibatkan wartawan sebagai agent of change perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional. 

Selain tiga kegiatan utama itu, Jurnalis yang telah mengikuti FJPP juga turut memberikan solusi jangka pendek masalah industri pers nasional berdampak langsung terhadap kesejahteraan wartawan, termasuk di Kabupaten Tuban. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES