Olahraga

Pengamat: Sebaiknya PSSI dan PT LIB Stop Liga 1 2020, Fokus Kompetisi 2021

Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:21 | 61.88k
Pengamat Sepak Bola Nasional, Akmal Marhali (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)
Pengamat Sepak Bola Nasional, Akmal Marhali (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Sepak Bola Nasional, Akmal Marhali menyarankan agar PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru) tidak memaksakan keinginannya untuk kembali melanjutkan kompetisi Lanjutan Shopee Liga 1 2020 dan juga Liga 2. 

Menurut Akmal, sebaiknya PSSI dan PT LIB pokus melakukan persiapan menuju kompetisi selanjutnya di tahun 2021. Sehingga, pada waktu pelaksanaan tidak terjadi miskomunikasi kembali seperti di tahun 2020.

Ia menyebut, PSSI tidak perlu memaksakan diri untuk kompetisi dilanjutkan. Bila memang tidak dapat izin lebih baik dihentikan dengan alasan force majeur.

"Artinya harus ada kebijakan yang pasti dari federasi sepak bola Indonesia. Jangan sampai klub dibuat dilema menunggu Tanpa kepastian," kata Akmal saat dihubungi TIMES Indonesia di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Kemudian, Akmal menyarankan agar PSSI dan PT LIB segera move on dari belenggu kompetisi 2020. Kata dia, jika tidak memungkinkan sebaiknya mencari alternatif lain, salah satunya dengan menyetop semua kompetisi pada 2020 dan fokus untuk memberikan yang terbaik di Kompetisi 2021.

"PSSI bersama PT LIB lebih baik fokus menyiapkan kompetisi musim 2021. Memastikan perizinan dan waktunya. Misalkan kompetisi 2021 mulai Februari 2021," imbuhnya.

Selanjutnya, dia memberi masukan kepada PSSI dan PT LIB. Kata dia, sebagai simulasi adaptasi kebiasaan bari di tengah covid-19 PSSI bisa melobi pihak pemerintah untuk mengeluarkan izin dengan menggelar turnamen semisal Piala Presiden atau Piala Indonesia.

"Ini lebih logis digelar saat ini. Dengan waktu yang tidak lama dan juga bisa digelar dengan sistem bubble balloon di satu tampat. Pengawasan terhadap covid-nya bisa lebih cepat, ketat, dan tepat," pungkas Akmal Marhali memberi masukan pada PSSI dan PT LIB terkait kelanjutan Liga 1 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES