Peristiwa Daerah

AKBP Ambariyadi Wijaya: “Titip Jaga Probolinggo ya,”

Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:58 | 137.16k
AKBP Ambariyadi Wijaya saat menjadi inspektur upacara peringatan HPN Februari 2020 silam. (FOTO: Ryan H./TIMES Indonesia)
AKBP Ambariyadi Wijaya saat menjadi inspektur upacara peringatan HPN Februari 2020 silam. (FOTO: Ryan H./TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Jelang masa akhir jabatan memimpin Polresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya menitipkan sejumlah pesan penting. Baik pada masyarakat maupun pada anggota Polri. Salah satunya adalah, titip jaga Probolinggo.

Selama sekitar setahun menjabat sebagai Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya mengaku sangat berkesan. “Kesannya luar biasa,” kata Ambar, Jumat (16/10/2020).

Kalimat itu, muncul pertama kali ketika ditanya soal pengalaman selama di Kota Probolinggo. Luar biasa yang dimaksud, adalah kondisi Kota Probolinggo yang sangat strategis. Memiliki fasilitas Pelabuhan bertaraf internasional, akses tol yang telah tersedia, serta kelengkapan alat transportasi. Seperti stasiun kereta api dan akses jalan strategis. Lantaran terletak di kawasan segitiga emas.

AKBP-Ambariyadi-Wijaya-2.jpg

Yakni di persimpangan menuju Kawasan timur tapal kuda Jawa Timur, maupun ke wilayah timur melalui jalur pantura. “Kuncinya ada di kondusifitas kamtibmas. Jika aman dan kondusif, investor tak segan datang. Sehingga masyarakat nantinya tidak akan kesulitan mencari pekerjaan,” ujar perwira asal Banyuwangi itu.

Jelang akhir masa jabatannya di Polresta Probolinggo, Ambar sempat berpesan. “Titip jaga Probolinggo ya,” begitu katanya.

Tak hanya pada masyarakat, pesan itu juga berlaku pada anggota Polri dibawah komandonya. Sebagai Abdi negara, anggota Polri mengemban tugas suci. Karena juga bagian dari masyarakat, maka harus bisa menjaga kamtibmas. Baik saat bertugas maupun ketika lepas tugas dan kembali menjadi masyarakat.

Selama masa kepemimpinannya di Polresta Probolinggo, sejumlah kasus criminal jalanan dapat terselesaikan. Di antaranya peredaran sabu-sabu, sampai perampokan maupun pencurian.

AKBP-Ambariyadi-Wijaya-3.jpg

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin juga terkesan dengan gaya kepemimpinan Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya. Sebagai salah satu pemangku kebijakan di Kota Probolinggo, Ambar terkenal sebagai pribadi yang low profile.

“Kerja sama yang baik ya, kami sering diskusi juga, sinergitas yang luar biasa,” kata Wali Kota, Hadi Zainal Abidin, melalui pesan singkat.

Paling berkesan, adalah saat penanganan pandemi covid19 baru-baru ini. Antara Wali Kota dan Kapolresta, sering terlibat diskusi sampai larut malam. Hal itu terjadi hampir setiap malam. Di posko center, saling menguatkan dan bertukar ide.

“Juga saat menyiapkan kampung Tangguh. Kami sepakat setiap kelurahan se Kota harus ada, dalam waktu yang sangat singkat. Alhamdulillah bisa berhasil,” tutup wali kota.

Sinergitas yang apik itu, tak hanya terjalin dengan Polresta Probolinggo saja. Namun antara forkopimda Kota Probolinggo, juga terjalin.

Sebagai informasi, Kapolresta Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya, akan segera mengakhiri jabatannya dalam waktu dekat. Ambar pindah tugas menjadi Wadirkrimsus Polda Bali. Sementara penggantinya di Polresta Probolinggo adalah AKBP Raden  Muhammad Jauhari. Mantan Kapolsek Metro Tanah Abang, Polres Metro Jakarta Pusat, Polda Metrojaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES