Peristiwa Daerah

Jaga Kondusifitas, Ormas di Gresik Deklarasi Anti Anarkis

Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:20 | 45.65k
Pejabat Sekda Gresik dan Kapolrea Gresik serta ketua ormas saat deklarasi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Pejabat Sekda Gresik dan Kapolrea Gresik serta ketua ormas saat deklarasi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sebagai langkah menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban menjelang pemilihan kepada daerah, sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Gresik deklarasi anti anarkis.

Puluhan tokoh dari berbagai kelompok masyarakat di Gresik menggelar deklarasi di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Jawa Timur pada Jumat (16/10/2020) siang.

Deklarasi yang diinisias Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto ini juga dihadiri Kasdim Mayor Inf Sugeng yang mewakili Dandim serta Pejabat Sekda Gresik Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno yang mewakili Bupati Sambari Halim Radianto.  

Deklarasi bersama yang dipimpin oleh KH In’am dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dengan membacakan dua poin deklarasi yang disampaikan mereka yaitu, pernyataan kesediaan menjaga kondusifitas kamtibmas yang aman dan damai.

"Kami juga menyatakan mengutuk keras segala bentuk anarkisme dan vandalisme karena sesuai dengan budaya dan cita-cita luhur bangsa Indonesia," kata In'am yang diikuti seluruh ormas saat deklarasi.

Sementara itu Pejabat Sekda Kabupaten Gresik Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno menyampaikan sampai saat ini masih dinilai aman, damai dan kondusif. Maka dari itu, pemerintah butuh dukungan bersama semua pihak, agar keadaan kondusif.

“Jangan sampai ada kerusuhan dimana-mana. Budaya kita budaya santun dan penyampaian aspirasi disalurkan melalui lembaga yang ada. Hidup rukun guyub saklawase,” ujarnya.

Terpisah Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto meminta masyarakat untuk mewaspadai upaya adu domba dan tindakan anarkisme melalui penyebaran informasi hoaks.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan semangat membangun yang saat ini berlangsung di Kota Pudak ini dengan hasil peningkatan pendapatan masyarakat, jangan sampai diganggu dengan upaya oknum yang berupaya melakukan tindakan anarkisme yang tidak kita inginkan.

“Banyak provokasi dan berita hoak yang ingin menjadikan Gresik tidak kondusif, demikian pula Jawa Timur dan Indonesia juga aman,” tutur dia saat sambutan kegiatan deklarasi anti anarkis oleh ormas yang diinisiasi Polres Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES