Politik Pilkada Serentak 2020

Jika Terpilih, Pasangan QA Bakal Jadikan Produk UKM Gresik Naik Kelas

Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:00 | 46.58k
Qosim-Alif saat memyapa warga di Kecamatan Menganti (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Qosim-Alif saat memyapa warga di Kecamatan Menganti (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, GRESIK – Calon bupati dan wakil bupati nomor urut 01 di Pilbup Gresik 2020, Moh Qosim - Asluchul Alif atau Pasangan QA terus memberikan perhatian kepada kelangsungan usaha kecil menengah. Salah satunya menjamin produk UKM di Kabupaten Gresik bisa naik kelas serta dijual di toko modern.

Langkah kongkritnya, Pasangan QA akan meluncurkan Kartu UKM Bangkit, pelaku usaha kecil akan mendapat bantuan pemodalan dan bantuan pemasaran. 

Tidak hanya itu, pelaku usaha akan dibantu pemasaran melalui marketplace yang disiapkan jika Qosim-Alif diberi amanah menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gresik periode 2020-2025.

"Kami akan mewujudkan daya saing ekonomi daerah berbasis potensi lokal. Juga memfasilitasi kemudahan akses permodalan. Memberikan fasilitas produk unggulan perdesaan berbasis e-commerce," kata Qosim saat bertemu dengan masyarakat Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Kamis (15/10/2020) malam.

Wakil Bupati Gresik dua periode ini menerangkan berdasarkan data BPS saat ini, kontibusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41%, dari jumlah UMKM mencapai 60 juta unit termasuk di Gresik. Sayangnya, hanya 8% saja atau sekitar 3,79 juta pelaku usaha yang sudah memanfaatkan platform online.

“Padahal, tren pergerakan konsumen semakin bertambah di transaksi online. Maka kami harap pada pelaku UMKM di Kabupaten Gresik untuk memanfaatkan peluang ini,” sambungnya.

Untuk itu Qosim membuat program untuk bisa menggerakkan usaha melalui jagad online. Terlebih Gresik sudah menyiapkan layanan e-commerce bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bertransaksi secara online.

“Transaksi jual-beli secara online saat ini makin popular, seiring dengan kemajuan teknologi informasi di tengah masyarakat. Apalagi, pelaku UMKM di Gresik telah mencapai ribuan dengan berbagai produk yang dipasarkan,” ujar Qosim.

Sementara Cawabup Alif menambahkan dengan membuat platform marketplace Pemkab Gresik, maka hasil produksi warga Menganti bisa dinikmati warga di Kecamatan Tambak dan Sangkapura, Pulau Bawean. Bahkan bisa pula dinikmati warga yang ada di Malaysia dan Arab Saudi.

"Pasangan QA akan membantu pemasaran digital yang akan difasilitasi pemerintah, semua produksi UKM Kabupaten Gresik bisa tersebar ke seluruh penjuru wilayah. Apalagi sekarang jaringan logistik sudah tersambung oleh perusahaan kurir yang ada," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES