Peristiwa Daerah

Camat dan Lurah Bontang Kuala Apresiasi Kepedulian Pupuk Kaltim kepada Korban Kebakaran

Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:14 | 95.69k
Manager Humas Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi menyerahkan bantuan kepada Lurah Bontang Kuala (Foto: Humas Pupuk Kaltim For TIMES Indonesia)
Manager Humas Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi menyerahkan bantuan kepada Lurah Bontang Kuala (Foto: Humas Pupuk Kaltim For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Musibah kebakaran yang terjadi di pemukiman atas air Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara pada Selasa (13/10/2020) lalu, menggugah simpati dan kepedulian Pupuk Kaltim. Perusahaan pupuk ini  langsung menyalurkan bantuan bagi para korban, terdiri dari berbagai kebutuhan pokok yang bersifat primer. 

Bantuan tersebut berupa konsumsi untuk 3 hari sebanyak 240 kotak, terbagi 80 kotak per hari. Selanjutnya 70 baju, 200 masker kain dan 120 unit face shield dengan total bantuan senilai Rp27,2 Juta. Bantuan diserahkan Manager Humas Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, kepada Lurah Bontang Kuala Rony Apriansyah, pada Kamis (15/10/2020) siang yang disaksikan Plt. Camat Bontang Utara Cahyo Hadi Wicaksono.

Di tempat yang sama, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pupuk Kaltim juga menyalurkan zakat karyawan bagi para korban, bantuan berupa uang tunai untuk perbaikan tempat tinggal, serta bantuan sembako dengan total senilai Rp 62,3 juta, yang diterima secara simbolis oleh Lurah Bontang Kuala Roni Apriansyah, dari Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid. 

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian sekaligus respon cepat Pupuk Kaltim bagi para korban, sehingga kebutuhan harian seperti makanan dan pakaian maupun APD untuk antisipasi covid bisa terpenuhi dengan baik,” ujar Sugeng Suedi, Jumat, (16/10/2020).

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, menuturkan bantuan yang disalurkan merupakan kontribusi karyawan Pupuk Kaltim melalui zakat yang terkumpul setiap bulan, bagi masyarakat membutuhkan yang masuk kategori 8 asnaf. Salah satunya yakni korban kebakaran yang diharap bisa lebih sabar menghadapi cobaan ini. 

“Setiap Kepala Keluarga menerima uang tunai antara Rp2,5 juta - Rp5 juta, tergantung kategori kerusakan rumah, ditambah paket sembako masing-masing senilai Rp300 ribu, dengan total senilai Rp62,3 Juta,” terang Nur Sahid.

Dirinya berharap bantuan yang disalurkan Pupuk Kaltim maupun UPZ Pupuk Kaltim bermanfaat secara maksimal bagi para korban, khususnya untuk pemulihan kondisi tempat tinggal maupun pemenuhan kebutuhan lainnya. 

“Pupuk Kaltim dan UPZ terus berupaya memperhatikan kondisi sosial di masyarakat, serta turut peduli dalam menuntaskan persoalan yang ada, sehingga manfaat keberadaan Perusahaan semakin dirasakan masyarakat,” ucap Nur Sahid.

Lurah Bontang Kuala, Rony Apriansyah memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim bagi warganya yang tertimpa musibah kebakaran. 

Dirinya menilai bantuan yang disalurkan sangat dibutuhkan, khususnya untuk hal pokok seperti makanan dan pakaian. “Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang turut membantu korban kebakaran. Semoga kepedulian ini bisa menguatkan para korban untuk menghadapi cobaan ini,” kata Rony.

Plt. Camat Bontang Utara Cahyo Hadi Wicaksono, juga mengatakan bahwa uang tunai untuk perbaikan rumah dan sembako dari UPZ, dinilai tepat sasaran karena perbaikan pasca kebakaran butuh biaya yang tak sedikit dan kepedulian dari berbagai pihak diharap bisa membantu para korban. 

“Bantuan UPZ Pupuk Kaltim juga tepat, karena sangat dibutuhkan untuk perbaikan dan pembangunan kembali pemukiman bagi korban pasca musibah. Semoga bantuan yang disalurkan menjadi berkah bagi Pupuk Kaltim,” ucap Cahyo.

Diketahui, kebakaran hebat menghanguskan 7 rumah warga di pemukiman atas air Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara pada Selasa (13/10/2020) malam, ditambah 4 rumah lainnya yang ikut terdampak. Dari kejadian itu, 16 Kepala keluarga dengan total 57 jiwa harus kehilangan tempat tinggal dan kini tengah mengungsi ke rumah para kerabat. Para korban kebakaran sudah mendapatkan bantuan dari Pupuk Kaltim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES