Peristiwa Nasional

Namanya Masuk Daftar Calon Ketua Umum MUI, Ini Komentar Anwar Abbas

Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:04 | 122.35k
Sekjen MUI Anwar Abbas. (FOTO: suaraislam.id)
Sekjen MUI Anwar Abbas. (FOTO: suaraislam.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nama Sekjen MUI Anwar Abbas masuk dalam daftar kandidat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 menggantikan KH Ma'ruf Amin, yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Mengomentari hal itu, salah satu ketua PP Muhammadiyah itu mengatakan, dirinya belum tahu perihal kandidat tersebut. Ia pun menilai, bahwa dimasukkannya namanya tersebut adalah bentuk candaan saja atau tidak serius.

"Hehehe. Ya tidaklah. Itu orang iseng saja (saya dimasukkan ke kandidat ketua umum MUI). Bapak tidak tahu (soal itu)," katanya kepada TIMES Indonesia,  Jumat (16/10/2020).

Sebelumnya, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi di Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Masduki Baidlowi menyebut sejumlah nama yang menjadi kandidat untuk mengisi posisi ketua umum MUI periode 2020-2025 nanti.

Selain Anwar Abbas, ada nama-nama lain di antaranya, Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, Wakil Ketua Umum MUI Muhyiddin Junaidi.

"Betul beberapa kandidat itu, Syafiq Mughni ini yang baru," kata Masduki seperti mengutip dari CNNIndonesia.com.

Diketahui, MUI akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) X pada 25-28 November 2020 di Jakarta. Pemilihan ketua umum dan pergantian kepengurusan pusat MUI jadi agenda utama Munas.

Ia menyatakan kriteria ketua umum MUI harus seorang ulama yang memiliki wawasan dan pemahaman luas ilmu agama Islam. Selain itu, ketua umum MUI juga harus memiliki wawasan keagamaan dan kebangsaan.

"Dia ulama. Siapa ulama itu? Ulama secara definisi bahasa itu alim. Orang yang alim. Orang pintar dalam ilmu agama," ujarnya soal kandidat Ketua Umum MUI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES