Peristiwa Daerah

F-Wamipro Unjuk Rasa di Kejari Probolinggo

Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:20 | 74.25k
Ratusan massa dari F-Wamipro demo di kantor Kejari Kabupaten Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Ratusan massa dari F-Wamipro demo di kantor Kejari Kabupaten Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sejumlah massa yang tergabung Forum Wartawan Mingguan Probolinggo atau F-Wamipro, menggelar unjuk rasa di kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo (Kejari Probolinggo), Jawa Timur, Jumat (16/10/2020).

Mereka menuntut kebebasan pers dalam peliputan, yang selama ini pihak Kejari dinilai kurang terbuka untuk awak media mingguan. Sambil berorasi, terpampang sejumlah poster kritikan terhadap pihak Kejari Kabupaten Probolinggo .

Aksi demonstrasi sempat terjadi aksi saling dorong dengan aparat kepolisian Polres Probolinggo. Aksi saling dorong itu terjadi lantaran pihak Kepala Kejaksaan setempat tak kunjung menemui peserta aksi

Puluhan pasukan huru hara pun siap siaga melakukan pengamanan. Pihak Polres Probolinggo, juga menerjunkan mobil water canon.

Massa yang tergabung Forum Wartawan Mingguan Probolinggo, itu memaksa menembus pintu gerbang dan pengamanan pasukan huru hara.

“Selama ini pihak Kejari tidak transparan terhadap F-Wamipro saat melakukan peliputan. Kami sebagai media harusnya diberi kebebasan untuk meliput. Ini kami sering tidak boleh bawa kamera saat masuk ke kantor Kejari, ada apa ini,” kata Arman Kacong, koordinator aksi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, Adhryansyah menegaskan, pihaknya tidak pernah menghalangi apa yang menjadi kebutuhan para media untuk konsumsi pemberitaan. Hanya saja semua harus ada tatacara yang ditentukan.

“Silakan melakukan peliputan. Hanya saja semua ada Standar Operasional Prosedur (SOP). Jika semua dilakukan dengan benar dan tertib, silakan. Kami persilakan siapa saja. Apalagi itu media, bebas untuk meliput. Kami tak punya hak melarang karena media juga punya Undang-undang,” terang Adhryansyah.

Peserta unjuk rasa F-Wamipro akhirnya membubarkan diri usai pihak Kejari Probolinggo menerima audiensi perwakilan F-Wamipro(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES