Peristiwa Daerah

Tingkatkan Literasi-Fotografi, HIPAKAD Malang Raya Bikin Lomba untuk Pemuda

Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:55 | 97.01k
Poster acara Millenials Movement Hipakad Malang Raya. (FOTO: Istimewa)
Poster acara Millenials Movement Hipakad Malang Raya. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dewan Pengurus Cabang Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat Malang Raya (DPC Hipakad Malang Raya) menggelar lomba esai dan fotografi bagi pemuda.

Kompetisi bergengsi ini resmi dibuka mulai hari ini 16 Oktober 2020 sampai 25 Oktober 2020. Pemuda Malang Raya bisa berpartisipasi dengan cara mendaftar dan menyetorkan karyanya.

Ketua DPC Hipakad Malang Raya, Afan Ari Kartika, mengatakan lomba yang dikemas dalam program Millenials Movement ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

"Selain meningkatkan nasionalisme pemuda, kami juga ingin turut berpartisipasi mendorong jiwa literasi pemuda melalui lomba menulis esai dan fotografi," kata Afan, Jumat (15/10/2020). 

Afan mengapresiasi pengurus Bidang Kepemudaan Hipakad Malang Raya yang menggagas program ciamik ini. Baginya, program penjaringan bakat dan keterampilan para pemuda harus didukung penuh.

"Ke depan semoga bisa ditingkatkan lagi dengan acara lebih besar dan merangkul banyak pemuda," tukasnya.

Kegiatan Millenials Movement Hipakad Malang Raya didukung penuh Kodim 0833 Kota Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu.

Kepala Bagian Kepemudaan DPC Hipakad Malang Raya, Selvia Wisuda, menambahkan peserta yang berhasil meraih juara nantinya akan dianugerahi piala dari dua Komandan Kodim tersebut.

Ia berharap, generasi muda dapat mengambil momentum ini sebagai ajang aktualisasi diri dan pembelajaran. Dengan spirit pemuda yang haus akan ilmu pengetahuan, ia optimistis kompetisi ini akan diikuti oleh banyak peserta.

"Kami harap pemuda baik dari Keluarga Besar TNI (KBT) maupun luar KBT dapat berpartisipasi dan bersaing dengan sportif," ujarnya.

Selvia menilai, amino calon peserta luar biasa. Terbukti, pendaftaran lomba baru dibuka saja, sudah ada beberapa calon peserta yang menghubungi pihak panitia.

"Kami menyambut baik. Artinya, repson masyarakat luar biasa atas terselenggaranya kegiatan ini," tandasnya.

Ia berharap, kompetisi ini tidak hanya ajang unjuk bakat. Tapi ke depan, kata dia bisa memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah daerah melalui ide-ide cemerlang kontestan lomba.

Untuk diketahui, lomba esai mengusung tema Peran Pemuda dalam Membangun Daerah dengan dua sub tema yakni Peran Pemuda/Mahasiswa/Pelajar Dalam Masa Pandemi Covid-19 serta Inovasi Pemuda dalam Pembangunan Daerah (pendidikan, lingkungan, penguatan demokrasi Lokal, pembangunan infrastruktur, kesenian daerah, wisata, kepemudaan dan olahraga).

Juara 1 lomba esai meraih Piala Dandim 0833 Kota Malang + Uang Pembinaan

Rp. 1.000.000. Juara 2 Piagam Perhargaan + Uang Pembinaan Rp. 750.000. Juara 3 berhak mendapatkan Piagam Perhargaan + Uang Pembinaan Rp. 500.000.

Sedangkan foto contest dengan tema pahlawan dalam Era Milenial. Juara 1 akan membawa pulang Piala Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu + Uang Pembinaan Rp. 1.000.000. Juara 2 Piagam Perhargaan + Uang Pembinaan Rp. 750.000. Juara 3 Piagam Perhargaan + Uang Pembinaan Rp. 500.000.

Lomba Millenials Movement Hipakad Malang Raya ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hadiah pemenang serentak diserahkan pada Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020. Penutupan juga dimeriahkan Talk Show bersama Tokoh Nasional. Jika berminat, sila mendaftar ke pihak panitia atau menggunakan narahubung di +6282257294801 (WhatsApp). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES