Peristiwa Daerah

564 Petani di Pagaralam Sudah Miliki Kartu Tani

Kamis, 15 Oktober 2020 - 21:15 | 50.74k
Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM  (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM (FOTO: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Setelah melewati proses panjang, akhirnya petani di Kota Pagaralam bisa miliki kartu tani. Sebelumnya, program dari Kementerian Pertanian ini untuk memudahkan penyaluran pupuk bersubsidi melalui aplikasi elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

“Tidak hanya memudahkan penyalurannnya, juga memudahkan dalam pengawasannnya,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM melalui Sekdis, Ade Dwi Darmayanti SP, Kamis (15/10).

Ade menyebutkan, kartu tani sudah cukup lama diusulkan ke Kementan melalui proses input data based e-RDKK kementan. “Saat itu, sekitar 4 ribu lebih data petani kita entry, yang nantinya bisa memiliki kartu tani. Namun, Alhamdulillah baru sekitar 564 lebih kartu tani sudah dicetak BNI Pusat yang didistribusikan melalui Kantor Bank BNI Unit Pagaralam,” katanya.

Kasi Pupuk dan Alsintan, Feri Erwansyah SP menambahkan bantuan ini juga memudahkan penyaluran program bantuan pemerintah. Sebab, mereka sudah terdaftar.

“Di tahun 2020 yang siap menerima kartu tani atau sudah di entry oleh tim admin Kecamatan sebanyak 4.909 NIK (petani, red) dan sampai detik ini yang sudah ter entry sebanyak 3.858 NIK dan mudah-mudahan dalam kurun waktu 1 bulan lagi bisa tercapai,” bebernya.

Mengenai teknis penebusan pupuk subsidi dengan kartu tani lanjutnya, petani bisa mendatangi pengecer resmi pupuk subsidi yang mana transaksi menggunakan kartu tani ini dilayani dengan alat transksi EDC.

Feri melanjutkan dengan penerapan kartu tani ini untuk penebusan pupuk subsidi sebagai langkah pengawasan agar pupuk bisa disalurkan dengan tepat sasaran. “Hanya petani pemegang kartu tani yang bisa mendapatkan pupuk subsidi,” kata dia.

Bagaimana dengan petani yang belum memiliki kartu tani? Fery mengaku secepatnya akan diproses. Sebab 4.910 petani yang sudah diinput ini tinggal menunggu proses verifikasi pihak perbankan. “Soalnya, sesuai arahan Kementan tahun depan penebusan pupuk sudah melalui e-RDKK atau menggunakan kartu tani,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES