Peristiwa Daerah

Kepala BPKP Malut Dilantik Jadi Dewan Kosultatif IPKN Maluku Utara

Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:05 | 35.97k
Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Malut (FOTO: Humas BPKP Malut for TIMES Indonesia)
Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Malut (FOTO: Humas BPKP Malut for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Kepala Perwakilan BPKP Malut (Maluku Utara) Ariyanto Wibowo telah resmi dilantik menjadi Dewan Konsultatif Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Malut bersama dengan pengurus lainnya.

Pelantikan itu dilakukan secara virtual, Kamis (15/10/2020), oleh anggota VI BPK selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar.

Pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Maluku Utara diselenggarakan bersamaan dengan Pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Timur yang meliputi Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Pada Wilayah Maluku Utara pelantikan berlangsung pada pukul 10.30-12.00 WIT di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Dalam arahannya, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa IPKN Wilayah Maluku Utara menjadi alat kelengkapan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi anggota di daerah dengan menyinergikan kerjasama dan kolaborasi antara BPK, BPKP, Inspektorat, Satuan Pengawas Intern (SPI) dan kalangan akademisi sehingga dapat menjalankan tugas pengawasan keuangan negara dengan baik.

"Sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja dan profesionalisme bagi pemeriksa keuangan negara," katanya

Sementara Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara sekaligus Ketua IPKN Wilayah Maluku Utara Hermanto berharap dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah Maluku Utara, dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara.

"Membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di seluruh wilayah Maluku Utara untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah," imbuh Hermanto

IPKN sendiri merupakan organisasi profesi bagi para pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan pada tanggal 20 Februari 2020. Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemeriksa keuangan negara dengan tujuan  untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Organisasi ini dibentuk dengan gagasan untuk membina dan meningkatkan kompetensi pemeriksa keuangan secara sistematis dan berkesinambungan.

Turut hadir dan dilantik dalam acara ini Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, SH., MH; Inspektur Provinsi Maluku Utara Ahmad Purbaya; Inspektur Kota Ternate Rohani Panjab Mahli; Inspektur  Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy; Ketua IAI Wilayah Maluku utara Prof. Dr. Rusman Soleman; Dosen Universitas Khairun Johan Fahri,Ph.D; Kaprodi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas hairun Dr Nam Rumkel, serta pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES