Peristiwa Daerah

Bupati Banjarnegara-BP Jamsostek Serahkan Kartu Kepesertaan untuk Guru Madin dan TPQ

Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:24 | 42.43k
Penyerahan simbolis kartu kepesertaan BP Jamsostek Kepada pekerja sosial keagamaan. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)
Penyerahan simbolis kartu kepesertaan BP Jamsostek Kepada pekerja sosial keagamaan. (FOTO: Diskominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARABupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) kepada pekerja sosial keagamaan di Pringgitan, Kamis (15/10/2020).

Didampingi Suwilwan Rahmat, Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Jateng dan DIY, Bupati Budhi Sarwono menyerahkan klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) kepada perangkat desa, karyawan Perumda dan guru madrasah.

Kartu peserta BP Jamsostek diserahkan secara simbolis oleh Bupati Budhi Sarwono kepada Ali Muhasan (mewakili guru TPQ), Tarsono (guru Madin), dan Hasanudin (pengasuh Pondok Pesantren).

Untuk klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK) diserahkan kepada ahli waris alm Wahirin (mantan Kades Pucung Bedug Kecamatan Purwanegara) dan Radityo Priyatmoko (karyawan Serulingmas Interactive Zoo).

Adapun jaminan kematian (JKM) diberikan kepada ahli waris alm Heri Sunardi (mantan Kades Derik Kecamatan Susukan) dan ahli waris alm Suhardi (Guru MTs Maarif Mandiraja Kulon).

Bupati juga menyerahkan bantuan subsidi upah gaji yang diberikan untuk pekerja atas nama Retno Jatiningsih dan Farid Al Farisi.

BP-Jamsostek-2.jpg

Penyerahan klaim dan kartu peserta dihadiri juga oleh Kepala BP Jamsostek Cabang Purwokerto dan Banjarnegara, Kepala Dikominfo, Kepala Dispermades, Kepala DPMPTSP, Kemenag dan pengurus BAZ Banjarnegara.

Bupati Budhi Sarwono mengapresiasi BP Jamsostek yang telah berpartisipasi dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja di Banjarnegara.

Semua ini, tambah bupati merupakan komitmen kita semua untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang bekerja di Pemerintah Desa, guru TPQ, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren.

"Alhamdulillah, guru dan tenaga kependidikan kini mendapatkan perlindungan sosial ketenagakerjaan. Kami support sepenuhnya karena ini semuanya untuk kepentingan masyarakat,” tandas Bupati Budhi Sarwono.

Budhi juga mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Kades Pucung Bedug, Kades Derik, serta guru MTs Mandiraja yang meninggal dunia dalam tugas.

“Kepada Saudara Radityo Priyatmoko karyawan Serulingmas, saya doakan lekas sembuh,” harapnya.

Ketua BAZ Nas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo SH, M. Hum mengatakan, pemberian kartu peserta kepada pekerja sosial keagamaan merupakan bentuk kerja sama dengan BAZ dengan mengikutsertakan para guru ngaji dan Madin dalam program perlindungan jaminan sosial tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri melalui insentif yang diberikan.

“Kami dari BAZ Nas sudah mengalokasikan anggaran sebesar 125.779.000 untuk 6.564 karyawan non PNS, non gaji, guru madin, ponpes dan madrasah. Alhamdulillah sudah tercukupi dan akan terus kita tingkatkan,” jelasnya.

Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Jateng dan DIY, Suwilwan Rahmat, mengatakan, sejak awal Pemerintah Kabupaten Banjarnegara berupaya mendorong para pekerja non formal dan sosial keagamaan untuk memiliki jaminan sosial BP Jamsostek.

Menurutnya, jaminan sosial ini sangat penting karena melalui BP Jamsostek tidak hanya memberikan perlindungan resiko kerja bagi pekerja namun program-program  idalamnya yakni  ikut membantu mensejahterakan pekerja.

Dan Ini merupakan percontohan di Jawa Tengah dan DIY, dan pertama kalinya di wilayah ini pekerja sosial keagamaan dijamin BP Jamsostek. Pastinya merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi bantuan kepesertaaan tersebut merupakan subsidi dari Pemkab melalui Baznas.

“Sehingga jika sampai terjadi hal-hal tak diinginkan semisal kecelakaan kerja atau bahkan meninggal dunia, hak jaminan  sosialnya sudah dipenuhi oleh pemerintah,” kata Suwilwan Rahmat, Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Jateng dan DIY, mengapresiasi langkah yang di tempuh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES