Indonesia Positif

Ini Hasil Penelitian Tim Dosen Sosiologi Fisip UB Soal Kualitas Hidup Masyarakat di Kelurahan Bareng

Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:25 | 91.30k
Kondisi terkini Puskesmas Bareng Kota Malang dengan akses jalan yang sempit (FOTO: Tribun))
Kondisi terkini Puskesmas Bareng Kota Malang dengan akses jalan yang sempit (FOTO: Tribun))

TIMESINDONESIA, MALANGRESEARCH GROUP (RG) Migrasi dan Jaminan Sosial dari Jurusan Sosiologi, Fisip UB Malang telah melakukan penelitian mengenai kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Penelitian ini difokuskan di Kelurahan Bareng karena, Kecamatan Klojen, Kota Malang, karena wilayah tersebut merupakan wilayah kelurahan yang memiliki lingkungan kumuh paling luas adalah dengan total 81,56 Ha.

Penelitian yang berlangsung sejak pertengahan Bulan Maret hingga akhir September lalu melibatkan tim dosen RG Mobilitas dan Jaminan Sosial, Indhar Wahyu Wira Harjo, M.A.dan Wida Ayu Puspitosari, M.Si., serta beberapa mahasiswa sebagai enumerator di lapangan.

Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif mendapati bahwa kualitas hidup masyarakat di kelurahan Bareng termasuk dalam kategori biasa saja sebanyak 71%. Kategori biasa saja ini setelah dilakukan perhitungan atas 4 domain yaitu kesehatan, psikologi, sosial dan lingkungan.

Dari keempat kategori tersebut, diketahui bahwa pada domain kesehatan, jawaban responden masuk dalam kategori memuaskan sebanyak 69%, pada domain psikologi masuk dalam kategori biasa sebanyak 42%, pada domain sosial masuk dalam kategori sangat memuaskan 50% dan pada domain lingkungan terbanyak sebanyak 38% pada kategori memuaskan dan diikuti biasa saja sebanyak 35%.

Berdasarkan temuan tersebut, Indhar Wahyu Wira Harjo, M.A menyampaikan, dengan adanya pengukuran kualitas hidup masyarakat Bareng yang masuk dalam kategori biasa saja, perlu peningkatan pada domain psikologi dan lingkungan. Dikarenakan dua aspek tersebut yang mendapatkan jawaban responden kurang baik diantara dua domain lainnya yaitu kesehatan dan sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES