Peristiwa Daerah

Jelang HUT ke-19 Kota Batu, Pimpinan OPD Ziarah Kubur ke Leluhur

Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:12 | 103.17k
Pimpinan OPD saat ziarah kubur ke makam Mbah Mbatu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Pimpinan OPD saat ziarah kubur ke makam Mbah Mbatu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Tradisi Ziarah Kubur ke makam leluhur jelang HUT ke-19 Kota Batu dilakukan oleh Pemkot Batu. Hari ini, Kamis (15/10/2020) Wali kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyebar pimpinan OPD ke seluruh makam leluhur.

Tidak hanya makam leluhur yang ada di Kota Batu saja, namun juga ke makam leluhur yang ada di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri.

Tradisi Ziarah Kubur 2

Wali Kota Batu sendiri bersama Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM memilih ziarah kubur ke makam almarhum Drs H Imam Kabul MSi di TPU Samaan Kota Malang.

Sementara pimpinan OPD yang lain ada yang ziarah kubur ke makam Ketua DPRD Kota Batu yang pertama almarhum H Mashuri Abdul Rochim di Kabupaten Malang dan Wali Kota Batu yang ketiga almarhum H Khudlori serta ke makam leluhur yang babat alas Kota Batu, seperti Mbah Mbatu dan Mbah  Mayangsari.

Di makam Mbah Mbatu hadir Camat Bumiaji Aditya Prasaja SSTP MAP, Sekretaris Camat Bumiaji Dian Saraswati SE MM, Kepala Dinas Pendidikan Dr Eny Rachyuningsih MSi, Kepala Kesbang Suliyanah SSos, Inspektur Kota Batu Eddy Murtono SH dan Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, M Agoes Mahmoedi.

Suasana khidmat dan khusyuk begitu terasa saat perwakilan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan ziarah kubur ke makam Mbah Mbatu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (15/10/2020) siang.

Tradisi Ziarah Kubur 3

“Kita datang untuk mendoakan leluhur kita yang sudah berjasa membangun Kota Batu hingga kota yang kita cintai ini berkembang pesat seperti saat ini,” ujar Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSI. Selain itu, kata Dewanti, Ziarah Kubur ke leluhur ini juga menjadi pengingat bahwa manusia akan selalu pulang ke Rahmatullah.

“Ini akan selalu menjadi pengingat agar kami melaksanakan tugas sebaik-baiknya menjadikan Kota Batu yang baik dan diingat yang baik, ketika kita sudah tidak ada, orang-orang mendoakan kita yang baik-baik,” ujar Dewanti.

Ia berdoa agar seluruh rangkaian acara HUT ke-19 Kota Batu yang sudah dipersiapkan mulai dari ziarah kubur, paripurna di DPRD Kota Batu, apel, hingga resepsi berjalan dengan sukses. Ke depan Kota Wisata Batu akan berjalan dengan baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES