Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Kampanye Cuci Tangan, Kampung STBM Kota Malang Siapkan Banyak Bak Air

Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:42 | 63.30k
Kampanye cuci tangan dengan sabun yang berlangsung di Kampung STBM Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kampanye cuci tangan dengan sabun yang berlangsung di Kampung STBM Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKampung STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang berada di Kelurahan Tunjung Sekar, Lowokwaru, Kota Malang bergotong royong menyediakan sejumlah bak air di beberapa titik.

Ketersediaan fasilitas ini untuk memudahkan warga rutin mencuci tangan dengan sabun. Gerakan mencuci tangan dengan sabun serentak digelar warga sebagai wujud kampanye peduli kebersihan, Kamis (15/10/2020).

Kampanye-cuci-tangan-2.jpg

Gerakan swadaya warga Kampung STBM ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, sebuah kampanye global dari PBB yang jatuh setiap 15 Oktober.

Ketua RW 01 setempat, Ahmad Kasim, menjelaskan gerakan ini sesuai dengan pilar STBM yang gencar dilakukan oleh masyarakat. "Cuci tangan dengan sabun ini sesuai dengan pengalaman dari pilar kedua STBM," ujarnya.

Berikut 5 pilar STBM yang mengusung slogan Lebih Bersih Lebih Sehat:

  1. Stop buang air sembarangan
  2. Cuci tangan pakai sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan
  4. Pengelolaan sampah
  5. Pengelolaan lombah cair rumah tangga

Kasim juga menjelaskan, gerakan bersama ini berkaitan dengan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Protokol 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan da menjaga jarak terus digalakkan.

Di RW 01, terdata ada 11 RT dengan 670 Kartu Keluarga (KK). Semua rumah warga diimbau untuk menyediakan fasilitas cuci tangan beserta sabun.

Kampanye-cuci-tangan-3.jpg

"Awalnya sebelum Covid hanya ada di gang-gang kampung. Pas ada Covid, setiap rumah ada tong air. Tujuannya, setiap mau keluar rumah biar rutin cuci tangan. Ketika mau masuk rumah, juga cuci tangan," bebernya gamblang.

Ia menilai, kampanye cuci tangan dengan sabun dan mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19, kasus Covid-19 di kampungnya berhasil nihil.

Meskipun, kata dia, di RW 01 ini sempat ada tiga keluarga dengan rincian tujuh orang yang terpapar Covid-19. Namun, setelah gencar kampanye hidup sehat sesuai protokol, semuanya sembuh dan tidak menyebar ke warga lainnya.

"Alhamdulillah sampai saat ini sembuh semua. RW 01 sekarang zero kasus Covid-19," tegasnya.

Kampung STBM Kota Malang terus berupaya dan mengajak masyarakat agar menjaga betul 5 pilar STBM. Edukasi dan memberikan wawasan pentingnya menerapkan protokol Covid-19 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) akan terus dilakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES