Peristiwa Nasional

Hari Cuci Tangan Sedunia, Ini Wejangan dari Menkes RI

Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:21 | 74.43k
Cuci tangan agar terhindar dari Covid-19. (FOTO: Maridav)
Cuci tangan agar terhindar dari Covid-19. (FOTO: Maridav)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam momen Hari Cuci Tangan Sedunia, Menteri Kesehatan (Menkes RI) Terawan Agus Putranto mengatakan, mencuci tangan dengan air dan sabun dapat mencegah tubuh dari beragam macam penyakit termasuk Covid-19.

"Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya," kata Menkes Terawan, dalam acara virtual Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Sedunia, Kamis (15/10/2020).

Diketahui, sejak wabah Covid-19 melanda, pemerintah gencar melakukan berbagai kampanye. Dimulai dengan kampanye nasional pemakaian masker pada Agustus, lalu kampanye Jaga Jarak pada September, serta kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  pada Oktober ini.

Bertepatan dengan momen itu, Menkes RI Terawan mengimbau agar semua pihak baik dari kementerian, lembaga, serta pihak swasta untuk bisa mempraktikan cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Saya juga meminta semua mitra menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun," ujarnya.

Mencuci tangan bukan hanya mencegah penyakit Covid-19. Berbagai penyakit menular lainnya disebut Menkes RI Terawan Agus Putranto bisa dihindari dengan membiasakan diri mencuci tangan. Itulah pesannya di Hari Cuci Tangan Sedunia tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES